Twitter Sebagai Media Informasi, Efektifkah?

Twitter Sebagai Media Informasi, Efektifkah?

Gambar Ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id).

OPINI, BETVNEWS - Di era digitalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat. Handphone yang awalnya hanya bisa berfungsi sebagai alat untuk menelpon maupun mengirim pesan, tetapi sekarang telah berkembang menjadi teknologi yang lebih canggih dengan adanya aplikasi-aplikasi terbaru yang sengaja diciptakan untuk memudahkan komunikasi antar manusia. 

Perkembangan teknologi seperti ini telah memberikan warna-warna baru yang melengkapi kecanggihan Handphone masa kini, yang kemudian lebih dikenal masyarakat dengan sebutan smartphone (telepon pintar). 

Perkembangan teknologi ini membuat internet menjadi salah satu media baru bagi sistem komunikasi yang ada pada saat ini. Seperti yang telah kita ketahui, media merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesannya kepada penerima. 

BACA JUGA:Redam Potensi Konflik Sosial Antara Masyarakat dan Perusahaan

Media bergantung pada bagaimana jenis pesan yang akan disampaikan kepada sang penerima, apakah saluran verbal atau saluran nonverbal (Mulyana, 2008 : 70). 

Media baru atau disebut dengan new media adalah suatu alat sebagai sarana komunikasi yang dimana saling berinteraksi, berpendapat, bertukar informasi, mengetahui berita yang melalui saluran jaringan internet serta informasinya selalu terbaru secara kilat dan juga lebih efisien ringkas memberikan informasi kepada pembaca/khalayaknya (Cahyo, 2013). 

Keberadaan new media ini membuat munculnya berbagai macam media sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk saling berkomunikasi. 

BACA JUGA:Asap 'Rokokmu' Cemari Kesehatan dan Lingkungan

Media sosial telah merubah cara berkomunikasi masyarakat, karena tidak lagi harus secara tatap muka, namun cukup melalui dunia maya satu individu dengan individu lain dapat bertemu dan berbagi. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, media sosial juga berperan sebagai media informasi.

Dalam waktu yang sekejap, kita dapat memperoleh informasi apapun dan darimanapun. Dalam penelitiannya yang tertuang pada buku "Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi", Nurudin menyimpulkan bahwa telah terjadi revolusi dalam proses penyebaran pesan yang dilakukan melalui media sosial. 

Proses penyampaian pesan yang awalnya berjalan satu arah (one step flow) sebagaimana yang dilakukan oleh media mainstream kini berubah menjadi banyak arah (multi step flow) jika dilakukan melalui media sosial.

BACA JUGA:Pencegahan Anemia melalui Fortifikasi Pangan dan Keseimbangan Gizi

Terdapat beberapa jenis media sosial yang marak digunakan oleh masyarakat, diantaranya Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, Line dan sebagainya. Media sosial ini menjadi sarana komunikasi serta pusat informasi. Bisa dikatakan bahwa Twitter menjadi pusat informasi terbaik diantara media sosial lainnya. 

Apa itu Twitter?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: