Twitter Sebagai Media Informasi, Efektifkah?

Twitter Sebagai Media Informasi, Efektifkah?

Gambar Ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id).

Twitter adalah situs microblogging yakni sebuah blog sederhana yang memungkinkan penggunanya memposting sebuah pesan layaknya pesan singkat SMS yang hanya dibatasi 140 karakter, tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (Wikipedia). 

BACA JUGA:Ini Daftar Nama Lulus Seleksi Panwascam di Seluma, Siapa Saja?

Twitter menghubungkan pengguna satu dengan pengguna lain secara publik dan dapat saling berbagi informasi dalam bentuk tulisan, foto, hingga video. Layaknya media sosial, pengguna dapat saling membalas tulisan sesuai dengan topik bahasan yang sedang terjadi.

Mengapa Twitter disebut sebagai pusat informasi terbaik? Twitter adalah jejaring sosial yang pertama kali memperkenalkan topik hangat (trending topics). Topik hangat adalah sesuatu yang banyak dibicarakan pengguna Twitter berdasarkan tagar, kata, atau frasa. 

Trending topics dapat membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia serta letak geografis pengguna secara cepat.

BACA JUGA:Miliki Ekstasi, Oknum Ajudan Waka Polres Rejang Lebong Diringkus

Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 18, 45 juta pada 2022. Angka tersebut menempatkan Indonesia di peringkat kelima negara pengguna Twitter terbesar di dunia. Jika ingin mendapatkan informasi yang update maka Twitter lah pilihannya. 

Adanya trending topics memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang up to date (paling baru), entah dalam hal politik, ekonomi, bisnis, hiburan, motivasi, inspirasi dan sebagainya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Twitter dapat dikatakan menjadi media sosial pusat informasi terbaik. 

BACA JUGA:PT AQM Gelar Manasik Umrah Akbar, 1000 Jamaah Ikut Serta

Meskipun demikian, tidak semua hal yang trending itu pasti, bisa jadi hoax atau hanya sebatas hiburan. Untuk itu, pengguna juga perlu berhati-hati dalam menggunakan Twitter agar tidak salah dalam mengambil informasi. 

Semakin banyak pengguna, maka semakin banyak pula informasi yang tersebar. Sehingga dapat dikatakan bahwa Twitter sebagai media sosial pusat informasi terbaik ter up to date karena mampu menyuguhkan informasi-informasi baru secara cepat. Maka dari itu, cara kerja serta peran Twitter telah dirasa efektif sebagai media informasi pada saat ini.

Penulis: Tarisa Jumrattul Aini, Mahasiswa Jurnalistik Universitas Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: