dempo

Hari Pahlawan, Mari Mengenali Lebih Dekat Tokoh Pahlawan di Uang Rupiah Baru

Hari Pahlawan, Mari Mengenali Lebih Dekat Tokoh Pahlawan di Uang Rupiah Baru

Gambar pahlawan di dalam uang rupiah kertas Indonesia.--(Sumber Foto: Disway.id/BETV)

Pahlawan yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi ini merupakan tokoh yang menjadi gambar utama dalam uang kertas pecahan Rp.20.000. Sam Ratulangi merupakan politikus, guru, dan juga seorang jurnalis yang berasal dari Sulawesi Utara. 

4. Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Papua. Frans Kaisiepo memiliki peran besar dalam kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Papua. Beliau pula yang mengibarkan bendera Merah Putih serta menyanyikan lagu Indonesia Raya di tanah Papua. 

Atas jasanya, pada tahun 1993 Frans Kaisiepo diberikan gelar Pahlawan Nasional serta dianugerahi Bintang Maha Putera Adi Pradana Kelas Dua. 

Selain itu Frans Kaisiepo kini juga diabadikan dalam Rupiah, uang kertas pecahan Rp.10.000, 00.

BACA JUGA:Menjijikkan, Video Oknum Diduga Pejabat Lakukan VCS Beredar di Medsos

5. Idham Chalid

Tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional pada November 2011 ini merupakan seorang Kiai Mansyur Nahdatul Ulama. Idham Chalid saat ini dijadikan gambar utama dalam uang kertas pecahan Rp.5.000,00.

6. Mohammad Hoesni Thamrin

Semasa hidupnya, Mohammad Hoesni Thamrin merupakan seorang pejuang pergerakan nasional yang berjuang untuk rakyat Indonesia dan dijuluki sebagai Mat Seni si Pejuang dari Betawi. Atas kiprahnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1960.

Untuk mengenang jasa Mohammad Hoesni Thamrin, kini beliau dijadikan gambar utama dalam uang kertas pecahan Rp.2.000,00.

BACA JUGA:Pasca Terjadi Bencana, Ini Keluhan Warga di Desa Kertapati

7. Cut Nyak Meutia

Cut Nyak Meutia merupakan seorang pejuang wanita yang berasal dari tanah Aceh. Beliau diakui dan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 1964 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964.

Kini wajahnya juga diabadikan dalam uang kertas pecahan Rp.1.000,00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: