Soal Penipuan Berkedok Kurir Paket, Jasa Ekspedisi Buka Suara

Soal Penipuan Berkedok Kurir Paket, Jasa Ekspedisi Buka Suara

Unggahan foto bukti penipuan yang berkedok kurir paket yang diposting 30 November 2022.--(Sumber Foto: instagram/evan_neri.tftt)

BETVNEWS- Media sosial dihebohkan dengan penipuan berkedok kurir pengantar paket dari ekspedisi. Modus penipuan ini akan meminta calon korban untuk mengklik sebuah link.

Dikutip dari akun Instagram @evan_neri.tftt pada Rabu 30 November 2022, terlihat screenshot yang diunggah oleh penipu yang mengaku sebagai kurir. Penipu mengirim obrolan dan lampiran file.

BACA JUGA:Uji Coba Pembelian Bio Solar dengan Kode QR, Ini Tata Cara serta Daftar Wilayahnya

Dalam lampiran file tersebut berjenis ekstensi APK, namun bagian luar bertuliskan 'LIHAT Foto Paket'.

Sebagai informasi, file dengan ekstensi APK adalah file paket aplikasi Android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan menginstal perangkat lunak.

Kemudian dalam postingannya, ia menjelaskan bahwa korban yang sudah mengklik dan mengunduh file tersebut menemukan bahwa saldo di mobile banking miliknya telah habis.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Brasil Menang Telak 4-1 atas Korea Selatan

Padahal korban tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user ID atau password di situs lain.

Salah satu jasa pengiriman paket J&T Express melalui akun Instagram resminya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Jepang Kalah dari Kroasia Lewat Adu Penalti

"Sprinter J&T Express tidak pernah meminta J&T Friends mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama 'J&T Express'," tulisnya dikutip Senin 5 Desember 2022.

J&T Express juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan modus aktivasi struk/cetak nomor struk melalui m-banking transfer atau virtual account.

BACA JUGA:Transaksi Sabu, Warga Kota Bengkulu Diciduk Polisi

J&T Express juga tidak pernah memungut biaya tambahan selama proses pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: