Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: cianjurekspres/Disway.id)

BETVNEWS- Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pemerintah melalui Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pihaknya akan memastikan ketersediaan dan juga harga kebutuhan pokok dan sembako yang terjangkau dan stabil.

BACA JUGA:Hujan Deras, Rumah Warga Terendam Banjir dan Jalan Lintas Curup-Lebong Lumpuh Total

Zulhas yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional mengungkapkan, salah satu faktor stabilnya harga bahan pokok pada akhir tahun 2022 yakni lantaran data inflasi yang tercatat turun menjadi 5,42 persen dari 5,71 persen.

“Artinya barang sudah tersedia dan harganya stabil. Mungkin ada sedikit kenaikan,” kata Zulhas kepada awak media, Kamis 8 Desember 2022.

BACA JUGA:Gigi Band dan Ustadz Solmed Diperkirakan akan Hibur Masyarakat Kepahiang

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang, kemungkinan besar bahwa beberapa harga komoditas pokok akan meningkat. Bahan pokok tersebut antara lain cabai rawit, telur ayam, dan nasi, namun harganya masih terjangkau.

Sedangkan untuk daging ayam mengalami tren penurunan jika dihitung per ekor.

BACA JUGA:Verifikasi Faktual Perbaikan, 1 Parpol Tidak Memenuhi Syarat

“Tadi pagi bersama Badan Pangan kami mengunjungi dua pasar. Tercatat data inflasi turun dan harga stabil,” tambahnya.

Sementara itu, Satgas Pangan Polri juga melakukan pengecekan harga dan stok pangan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

BACA JUGA:Ambil Keperawanan Anak Tiri, Residivis Curat Dibekuk

Kepala Satgas Pangan Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, berdasarkan data Satgas Polri, diketahui kondisi pangan pokok jelang akhir tahun masih cukup dan dipastikan terkendali.

"Satgas Pangan Polri memastikan ketersediaan pangan dan mengendalikan harga," jelasnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang akhir tahun. Whisnu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan opsi, salah satunya yang sedang berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk strategi alternatif ketersediaan stok dan harga pangan yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id