Langgar Aturan 'Kumpul Kebo' di Arab Saudi, Begini Nasib Ronaldo dan Pacarnya

Langgar Aturan 'Kumpul Kebo' di Arab Saudi, Begini Nasib Ronaldo dan Pacarnya

Cristiano Ronaldo dan pacarnya, yang saat ini tinggal bersama di Arab Saudi.--(Sumber Foto: Disway/BETV)

Dua pengacara dari Arab Saudi, seperti dikutip media AS, mengatakan bahwa Ronaldo bisa tinggal serumah dengan pacarnya karena otoritas kerajaan tidak lagi mencampuri urusan warga negara asing, tidak seperti aturan sebelumnya.

BACA JUGA:Soal Adu Gengsi Pelatih Korea Selatan, Ini Kata Shin Tae-yong

"Meski kerajaan masih melarang hidup bersama di luar nikah, namun pihak berwenang mulai menutup mata terhadapnya akhir-akhir ini," kata salah satu pengacara yang tidak disebutkan namanya, dikutip dari CNNIndonesia, Minggu 8 Januari 2023.

"Untuk warga negara asing, otoritas Saudi tidak ikut campur dalam masalah ini," lanjut pengacara tersebut.

BACA JUGA:Beli Ganja, Wanita Tomboy di Bengkulu Ini Ditangkap Polisi

Pengacara juga mengatakan, bahwa sejak Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) berkuasa, hanya ada sedikit kemajuan terkait hak-hak sipil, khususnya hak-hak perempuan.

Seperti dilansir dari Reuters, aturan visa turis terbaru yang diluncurkan Arab Saudi pada September 2019, memperbolehkan pria dan wanita untuk menyewa kamar hotel bersama, tanpa harus menunjukkan bukti bahwa keduanya telah menikah.

BACA JUGA:Tingkatkan Hasil Pertanian Kelapa Sawit, Ini yang Diprioritaskan Pemkab Mukomuko

Akan tetapi, aturan ini hanya berlaku bagi warga negara asing. Sedangkan warga negara Arab Saudi tetap harus menunjukkan kartu keluarga atau surat nikah untuk memesan hotel.

"Semua warga negara Saudi diharuskan menunjukkan kartu identitas keluarga atau surat nikah saat check-in di hotel. Namun ini tidak berlaku untuk turis asing," kata Komisi Warisan dan Pariwisata Nasional Saudi dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Indonesia vs Vietnam: Puncak Adu Gengsi 2 Pelatih Asal Korea Selatan

“Semua wanita, termasuk warga negara Saudi, dapat memesan dan menginap di hotel tersebut sendirian, dengan menunjukkan kartu identitas pada saat check-in,” imbuhnya.

Langkah Kerajaan Arab Saudi membebaskan aturan terhadap wisatawan tersebut, sejalan dengan dibukanya gerbang masuk bagi wisatawan mancanegara dari 49 negara saat itu.

BACA JUGA:Mengukur Kekuatan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022, Mampukah Melaju ke Final?

Arab Saudi sangat ingin memperkaya sektor pariwisata dan mendiversifikasi ekonominya jauh dari ekspor minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: