BPKP Singgung Soal Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Daerah, Ini Informasi Lengkapnya

BPKP Singgung Soal Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Daerah, Ini Informasi Lengkapnya

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Disway.id/BETV)

BETVNEWS-  Pemerintah terus berupaya ntuk mengendalikan laju inflasi dan memperkuat pertumbuhan ekonomi di Indoneisa.

Oleh sebab itu, melalui Kemendagri, pemerintah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda) Tahun 2023.

BACA JUGA:Hadiri Rakornas, Ini Paparan Mahfud Md Soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Rakornas yang bertajuk "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi" tersebut diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, pada Selasa 17 Januari 2023.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Yusuf Ateh Kepala BPKP, memaparkan sejumlah materi dan laporan yang berjudul “Penguatan Pengawasan Intern di Daerah: Mengawal Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan”.

BACA JUGA:Ongkos Haji 2023 Naik? Ini Penjelasan Kemenag

Berikut adalah materi yang disampaikan.

Dampak perubahan lingkungan strategis yang semakin dinamis turut dirasakan sampai ke level penyelenggaraan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Meski PPKM Dicabut, RSUD Ini Masih Siapkan Ruang Isolasi Covid 19

Perubahan tersebut disebabkan oleh perekonomian global yang terus menghadapi tantangan. Seperti pandemi Covid-19, konflik geopolitik di Eropa, potensi konflik geopolitik di Asia Timur, serta perlambatan ekonomi China.

Hal itu kemudian mengakibatkan disrupsi terhadap rantai produksi dan rantai pasok perekomian global dan ancaman krisis energy serta pangan yang diikuti dengan ancaman resesi global.

BACA JUGA:Beredar Kabar, 1 Tahanan Rutan Malabero Kabur

Selain itu, dinamika perekonomian global juga mengakibatkan kenaikan harga komoditas, yang kemudian diikuti dengan biaya hidup yang harus ditanggung oleh masyarakat.

Di tengah ketidakpastian global tersebut, hubungan pusat dan daerah juga semakin dinamis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: