Dampak Banjir, Ribuan Rumah Terendam, Ratusan KK Mengungsi dan Sederet Korban Lainnya

Dampak Banjir, Ribuan Rumah Terendam, Ratusan KK Mengungsi dan Sederet Korban Lainnya

Jaduliwan, Kepala BPBD Provinsi Bengkulu saat menyampaikan keterangan kepada awak media, Selasa 24 Januari 2023.--(Sumber Foto: Abdu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Berdasarkan penyampaian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, laporan terkini infografis bencana alam banjir dan tanah longsor di Provinsi Bengkulu per tanggal 24 Januari 2023, tercatat sebanyak 3.170 rumah terdampak, 956 KK mengungsi dan 1 unit jembatan rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan, dari laporan sementara bencana banjir melanda 4 Kabupaten dan 1 Kota yakni, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kaur, Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan. 

BACA JUGA:Kabar Baik! Pemkab Mukomuko Perpanjang SK Guru Honorer Daerah, Selengkapnya Disini

"Dari data per 22 sampai 24 Januari, total sebanyak 3.170 rumah terdampak, 956 kk mengungsi dan 1 jembatan rusak, yang tersebar di 5 wilayah se Provinsi Bengkulu," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Selasa 24 Januari 2023.

BACA JUGA:Beberapa Contoh Sikap hingga Tips Belajar yang Baik, Latih Fokusmu di Sini!

Lebih lanjut, Jaduliwan menerangkan, untuk Kota Bengkulu banjir tersebar di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Sungai Serut, Ratu Agung dan Muara Bangkahulu, dengan total sebanyak 2.242 KK terdampak, 956 KK mengungsi, 2 Sekolah terendam, 3 Masjid terendam, 2 kantor Lurah terendam, dan 50 hektar sawah terendam. Untuk upaya yang dilakukan ialah pembuatan 5 posko, dan 1 posko induk. 

BACA JUGA:Biar Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan, Lakukan 7 Kebiasaan Sehat Ini

Untuk kondisi di Kabupaten Bengkulu Selatan, selain banjir yang melanda Kecamatan Seginim, di Kabupaten ini terdapat tanah longsor yang berada di jalan lintas Manna - Pagar Alam

Untuk korban sendiri ada 2 orang yang terjebak banjir, namun saat ini sudah ditemukan dalam keadaan selamat, sementara untuk jalan longsor pun saat ini sudah dapat dilalui. 

BACA JUGA:Pelantikan PAW Dahun Rosyadi, Imron Amin Resmi Anggota DPRD Bengkulu Selatan

Sementara itu, di Kabupaten Kaur dampak banjir terjadi di Kecamatan Padang Guci Hilir, yang berdampak pada lahan kebun jagung warga dan kandang sapi turut terendam di Desa Talang Jawi II, serta kolam ikan yang meluap di Desa Talang Jawi I. 

BACA JUGA:SK Guru Honorer Daerah di Kabupaten Ini, Hanya Berlaku 6 Bulan

Lebih lanjut, di Kabupaten Bengkulu Tengah, lokasi banjir tersebar di 5 Kecamatan yakni, Kecamatan Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Taba Penanjung, dan Kecamatan Semidang Lagan. Total untuk Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 66 rumah terendam, 1 unit jembatan rusak dan lokasi longsor di Desa Nyoman Karang. 

Terakhir, untuk Kabupaten Bengkulu Utara, banjir melanda 2 Desa yakni Desa Bintuhan dan Desa Pagaruyung, dengan total sebanyak 17 rumah terendam, 1 polindes terendam dan 3 rumah rusak berat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: