Panen Raya di Seluma, Mentan Kenalkan Biosaka, Pupuk Organik dari Rumput

Panen Raya di Seluma, Mentan Kenalkan Biosaka, Pupuk Organik dari Rumput

Menteri Pertanian Syahrul Limpo ke Kabupaten Seluma.--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Seluma, pada Jumat 10 Februari 2023, sekitar Pukul 09.30 WIB.

 

BACA JUGA:Polisi Bekuk Pelaku Bobol Rumah, Bawa Kabur Laptop


Dalam kunjungannya tersebut, ke Desa Sarimulyo, Kecamatan Sukaraja, dalam rangka panen raya dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan).

 

BACA JUGA:Nekat Tanam Ganja, Pemuda Asal Lampung Dibekuk Polisi

 

"Sebelumnya saya terima kasih untuk semua yang hadir disini, dan dengan adanya kehadiran saya ke Provinsi Bengkulu, semoga keekonomian masyarakat dapat lebih meningkat lagi," ujarnya (Jumat 10 Februari 2023).

 

BACA JUGA:8 Tradisi Unik Valentine di Berbagai Negara, Tukar Kado hingga Bakar Foto Mantan

 

Dalam kesempatan tersebut, Mentan mengenalkan cara membuat pupuk organik Biosaka yang memanfaatkan berbagai macam tanaman sehat yang tumbuh di sekitar areal persawahan.

 

BACA JUGA:5 Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak pada Anak

 

Bahan alami Biosaka adalah ekstrak hasil remasan berbagai macam tanaman sehat yang tumbuh di sekitar areal persawahan yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

 

BACA JUGA:Dapil dan Kursi DPRD Provinsi Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Sebarannya

 

"Sederhana, Biosaka ini bahannya berasal dari tanaman hijau yang ada di sekitar kita. Pembuatannya sederhana, tapi manfaatnya sangat luar biasa bagi tanaman," tambah Syahrul.

 

BACA JUGA:5 Tips Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

 

Menurut Mentan, Biosaka yang digagas oleh Muhamad Ansar dari Blitar, efisien, dan hemat biaya dalam mengusir atau menekan hama penyakit tanaman dengan demikian bisa meningkatkan produksi pertanian.

 

BACA JUGA:Skill yang Perlu Dimiliki oleh Fresh Graduate, Memudahkan untuk Mencari Kerja

"Saya harap, untuk kedepannya Bioska ini dapat dikembangkan di Provinsi Bengkulu dan di seluruh Kabupaten yang ada di Bengkulu untuk petani," ujarnya.

 

BACA JUGA:Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Disisi lain, Bupati Seluma Erwin Octavian, mengucapkan terima kasih kunjungan kerja Menteri Pertanian RI di Kabupaten Seluma.


BACA JUGA:Kopi Dusun Gelar Seminar, Dorong UMKM Bengkulu Go Digital


"Insyaallah, apa yang telah diamanatkan oleh Bapak Menteri Pertanian dapat dijalankan sebaik mungkin dan lebih baik lagi kedepannya," pungkas Erwin.

 

BACA JUGA:Legenda Putri Gading Cempaka dari Kerajaan Sungai Serut Bengkulu, Ini Sekilas Sejarahnya!

Sementara itu, turut mendampingi Menteri Pertanian dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Seluma yaitu Wagub Bengkulu Rosjonsyah, Bupati dan Wakil Bupati Seluma, Bupati Kepahiang dan Bupati Mukomuko.

 

BACA JUGA:Resep Gulai Pisang Unik Khas Bengkulu, Cek Cara Membuatnya di Sini!

 

Selanjutnya ada Wakil Bupati Bengkulu Utara, serta seluruh intansi dam elemen masyarakat terkait lainnya dari Kabupaten Seluma.

 

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: