Intip 5 Cara Menjalani Muhasabah yang Perlu Diterapkan dalam Kehidupan

Intip 5 Cara Menjalani Muhasabah yang Perlu Diterapkan dalam Kehidupan

Bermuhasabah menemukan diri dan merenungkan tentang segala sesuatu.--(Sumber Foto: Pixabay/Milaoktasafitri)

BETVNEWS - Tentu kita perlu cara menjalani muhasabah sebagai penopang dalam kehidupan dan agar hidup kita selalu terarah.

Muhasabah ialah salah satu perilaku yang dianjurkan atau diperbolehkan dalam Islam. Muhasabah ini harus dijadikan kebutuhan dalam diri seseorang, sebab dapat memberikan banyak manfaat dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA:Cek di Sini! 5 Jenis Sambal yang Punya Rasa Khas, Menu Pelengkap Nasi

Sebagaimana kita, tentu banyak persoalan yang terjadi dalam hidup dan problema tentang suatu tindakan selama hidup serta sebagai orang yang tak luput dari dosa.

Berikut ini beberapa cara untuk menjalani muhasabah dalam kehidupan, dikutip dari laman gramedia.com, yakni:

BACA JUGA:5 Penyebab Kram pada Kaki Saat Malam Hari

1. Mengevaluasi tentang niat, amalan dan dosa

Bermuhasabah ialah merenungkan mengenai apa saja yang telah kita lalui selama hidup. Lalu menjalani evaluasi dan tentunya kita butuh untuk memiliki niat menjadi orang yang lebih baik.

BACA JUGA:Tagihan Pelanggan Listrik di Seluma Capai Ratusan Juta

Dengan melakukan amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah dan menyadari seberapa banyak dosa yang diperbuat. Hal ini penting supaya kita tetap memiliki arah tujuan.

Usai kamu mengetahui jawaban, segeralah menjalani niat untuk selalu dapat lebih baik dan taat kepada Allah Ta'ala dan juga menjauhi segala bentuk laranganNya. 

BACA JUGA:Serangan LSD di Bengkulu Capai 73 Kasus

2. Melaksanakan salat taubat

Saat kamu menyadari tentang sesuatu dan menyesali semua dosa yang sudah diperbuat, sebagai muslim yang taat tentu akan bertobat. Sebagai bentuk amalan yang bisa dilakukan dengan mendirikan salat taubat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: