Kemenag Bentuk Kampung Moderasi Beragama, Libatkan KUA dan Penyuluh Agama

Kemenag Bentuk Kampung Moderasi Beragama, Libatkan KUA dan Penyuluh Agama

Kepala Bidang Bina Islam, Kemenag Kota Bengkulu, Rolly Gunawan.--(Sumber Foto: Wachid/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Hadirnya Kampung Moderasi Beragama di Kota Bengkulu, merupakan tindaklanjut dari program Kementarian Agama. Dalam program tersebut, Kementerian Agama akan membentuk 1.000 Kampung Moderasi Beragama.

 

BACA JUGA:Tips Mencegah Penularan Penyakit TBC, Penderita Harus Paham!


Sebagai bentuk sosialisasi, Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu akan membentuk Pokja Kampung Moderasi Beragama disetiap Kecamatan.

 

BACA JUGA:Senggolan dengan Bus, Pelajar Tewas di Tempat

 

Pokja ini bertugas memberikan penilaian dengan beberapa kriteria tertentu, kemudian mengusulkan beberapa kelurahan di setiap masing-masing kecamatan wilayah kerjanya sebagai Kampung Moderasi Beragama.

 

BACA JUGA:5 Manfaat Manggis untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Risiko Kanker!

 

Kepala Bidang Bina Islam, Kemenag Kota Bengkulu, Rolly Gunawan menerangkan Pokja Kampung Moderasi Beragama terdiri dari pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Dan Penyuluh Agama tiap Kecamatan.

BACA JUGA:Berikut 4 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol Baik, Cek di Sini!


“Kampung Moderasi Beragama yang dibentuk kiranya nanti  dapat membawa kebaikan bagi umat manusia mengajarkan kebaikan dan kerukunan serta keharmonisan dalam kehidupan sosial,” ujarnya (Kamis 23 Februari 2023).

 

BACA JUGA:Berikut 4 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol Baik, Cek di Sini!

 

Disisilain, Moderasi Beragama adalah cara pandang dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem yang bisa menimbulkan paham radikalisme, ujaran kebencian (hate speech), hingga terganggunya hubungan antarumat beragama dan saat ini merupakan problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia

 

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: