Sadar Pajak Sejak Dini Melalui Tax Goes to School

Sadar Pajak Sejak Dini Melalui Tax Goes to School

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu Satu kembali menyelenggarakan kegiatan Tax Goes To School dan Pojok Pajak di ruang Aula SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, Kamis 9 Maret 2023.--(Sumber Foto: Humas Kantor Pajak Pratama)

BETVNEWS - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu Satu kembali menyelenggarakan kegiatan Tax Goes To School dan Pojok Pajak di ruang Aula SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, Kamis 9 Maret 2023.

Tax Goes To School merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai wadah edukasi perpajakan yang diperuntukkan bagi siswa siswi mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pajak sejak dini. Hal ini mengingat tingkat kesadaran Wajib Pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya masih terbilang rendah.

Dengan mempopulerkan pajak sejak dini, siswa siswi dapat memahami betapa pentingnya pajak untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, karena manfaat pajak sangat lekat dan dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. 

“pajak merupakan sumber penerimaan terbesar, sehingga dengan adanya edukasi melalui kegiatan Tax Goes To School siswa siswi dapat lebih mendalami dan memahami konsep perpajakan dan sebagai bekal untuk siswa dan siswi saat memasuki dunia kerja sehingga dapat menjadi Wajib Pajak yang taat” ungkap Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bengkulu Dra. Hj. Evriza, M.Pd

Kegiatan Tax Goes To School ini dihadiri oleh 60 siswa siswi tingkat akhir serta perwakilan guru. Narasumber pada kegiatan ini terdiri dari 2 (dua)  Asisten Fungsional Penyuluh KPP Pratama Bengkulu Satu yaitu Wasi Seto Wasisto dan Nadiyah Anjarsari.  

Pada kesempatan tersebut Penyuluh menjelaskan mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dimana pendapatan Negara terbesar dari penerimaan pajak yakni sekitar 76% pendapatan Negara berasal dari pajak. 

“Hal ini serupa dengan tubuh manusia yaitu membutuhkan air sekitar 70%, tanpa air tubuh manusia tidak dapat berfungsi, sama halnya dengan pajak, sumber utama pendapatan Negara dari pajak sehingga apabila target penerimaan pajak terpenuhi maka uang tersebut dapat membiayai belanja Negara sehingga roda perekonomian dapat berputar” ungkapnya. 

Saat kegiatan berlangsung, siswa siswa SMK Negeri 1 Kota Bengkulu sangat antusias mengikuti jalannya acara. Pada saat sesi tanya jawab, siswa siswi berbondong-bondong mengajukan pertanyaan terkait pajak, mulai dari pertanyaan yang sangat teknis sampai pertanyaan ringan dimana mereka sangat ingin mengetahui lebih dalam manfaat pajak bagi masyarakat. 

“Acara TGTS hari ini sangat seru, penyampaian materi perpajakan dibawakan secara mudah untuk dimengerti serta diselingi dengan games  dan memberikan ilmu baru untuk kami yang akan melanjutkan ke dunia  kerja maupun yang akan melanjutkan kuliah, terima kasih kakak-kakak penyuluh dan tim dari KPP Pratama Bengkulu Satu atas kunjungan kegiatan TGTS di sekolah kami” ungkap siswa SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. (Release)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: