Mengapa Usia Masuk SD Minimal 6 Tahun? Ini Alasannya

Mengapa Usia Masuk SD Minimal 6 Tahun? Ini Alasannya

Martini Nur Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Psikolog Klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu--(Sumber Foto: data.ipknindonesia)

BENGKULU, BETVNEWS - Saat ini banyak orang tua yang memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar walaupun belum berusia 6 tahun.

Hanya saja tak sedikit yang mempunyai kendala masuk lantaran usia. Kemampuan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar bisa dilihat dari beberapa faktor.

Di samping faktor usia, kemampuan intelektual juga berpengaruh dalam menentukan anak tersebut siap untuk sekolah atau belum. 

Disampaikan oleh Martini Nur Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Psikolog Klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu, bahwa kematangan anak untuk masuk sekolah tidak hanya diukur berdasarkan usia. Masing-masing anak memiliki tahap dan proses kematangan yang berbeda.

Jadi berapa usia ideal anak masuk SD?

Berdasarkan Permendikbud No.51 Tahun 2018 yang dikutip lamansetkab.go.id, dijelaskan bahwa calon peserta didik baru kelas 1 SD harus berusia 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Calon peserta didik memiliki usia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan jika memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.


Alasan mengapa usia masuk SD ditetapkan minimal 6 tahun :

1. Aspek Fisik

Di usia 6-7 tahun, anak dianggap sudah siap secara fisik. Gerakan motorik anak lebih bagus, otot dan sarafnya pun sudah terbentuk.

2. Aspek Psikologis 

Dalam teori perkembangan, anak mulai bisa berkonsentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun.

3. Aspek Emosi

Umumnya pada usia tersebut, anak memiliki kematangan emosi dan kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: