Mengapa Usia Masuk SD Minimal 6 Tahun? Ini Alasannya

Mengapa Usia Masuk SD Minimal 6 Tahun? Ini Alasannya

Martini Nur Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Psikolog Klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu--(Sumber Foto: data.ipknindonesia)

Lantas bagaimana jika anak belum berusia 6 tahun namun memiliki kemampuan untuk masuk SD?

Martini Nur Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog mengungkapkan ada 2 tes tersedia di Poli Psikologi RSKJ Soeprapto Bengkulu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Tes Kesiapan

Tes kesiapan masuk sekolah merupakan sebuah psikotes dalam psikologi perkembangan dan pendidikan yang memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kematangan dan potensi anak.

Dengan tes ini, diharapkan dapat membantu mempersiapkan mental dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Selain itu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki akan dapat diketahui sekolah untuk membantu mengembangkan kemampuan anak.

 

2. Kemampuan Masuk Sekolah

Kemampuan psikologis diperlukan anak mengikuti pelajaran SD yang tidak terlalu rumit. Jika anak telah berada pada usia cukup, maka secara psikologis anak memiliki kemampuan dan keinginan mengeksplorasi lingkungan yang lebih luas dan sadar aturan.

Apabila anak telah terbiasa dengan kegiatan belajar dan memperlihatkan minat mempelajari hal baru, dapat dijadikan satu tanda, anak tersebut telah siap mengkuti pelajaran di sekolah.

Atau sebaliknya, jika anak belum menunjukkan keinginan belajar maka akan memperlihatkan hal yang berbeda. 

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan CPNS di RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu


Poli Psikologi membuka layanan setiap hari kerja dan dapat digunakan bagi pasien yang sudah terdaftar melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan maupun secara mandiri.

Psikologi klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu melayani pemeriksaan intelegensi (IQ), pemeriksaan masuk sekolah, pemeriksaan pegawai dan pemeriksaan minat bakat.

Selain itu, ada juga pemeriksaan karakter dan kepribadian. Kemudian, psikoterapi, konseling, serta pelatihan dan pengembangan SDM. 

(Tim Liputan/Kanal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: