Ramadhan 2023 Bakal Diwarnai Gerhana Matahari, Cek Jadwalnya untuk Wilayah Bengkulu!

Ramadhan 2023 Bakal Diwarnai Gerhana Matahari, Cek Jadwalnya untuk Wilayah Bengkulu!

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id/BETV)

"Yogyakarta akan menjadi ibukota provinsi yang paling awal memulai Gerhana Matahari Sebagian. Sementara, Medan akan menjadi ibukota Provinsi yang paling awal mengakhiri Gerhana Matahari Sebagian," tulis pernyataan Pusat Riset Astronomi BRIN.

BACA JUGA:Usai Subsidi Rp 7 Juta, Ini Langkah Pemerintah Agar Motor Listrik Makin Terjangkau

"Sementara itu, Jayapura akan menjadi ibukota provinsi yang paling akhir memulai sekaligus mengakhiri Gerhana Matahari Sebagian," lanjut keterangan tersebut.

BACA JUGA:Harga 3 Motor United Usai Disubsidi Rp7 Juta

Sementara itu, untuk wilayah Bengkulu, awal sebagian Gerhana Matahari akan terjadi pada 09.36 WIB. Kemudian puncak gerhana akan berlangsung pada 10.41 WIB. Selanjutnya akan berakhir pada 11.51 WIB.

Dengan begitu, Gerhana Matahari di wilayah Bengkulu akan berlangsung selama 2 jam 14 menit.

BACA JUGA:15 Ucapan Menyambut bulan Ramadan 2023, Sambut dengan Setulus Hati

Kemudian obskurasi Gerhana Matahari di wilayah Bengkulu sebesar 22,37% dengan lebar 0,3373 frkasi diameter sudut matahari.

Adapun obskurasi atau ketertutupan merupakan luas permukaan matahari yang terhalang oleh bulan. Sementara lebar atau magnitudo merupakan lebar permukaan matahari yang terhalang bulan.

BACA JUGA:Rakerkesda, 6 Fokus Transformasi Kesehatan Dirumuskan

Mengutip dari situs resmi BRIN, Gerhana Matahari Sebagian ini masuk dalam kategori "spesial". Pasalnya gerhana jenis ini termasuk gerhana yang "jarang terjadi".

BACA JUGA:Cara Dapat Saldo DANA Gratis hingga Rp160 Ribu, Bisa Buat Modal Ramadhan 2023!

"Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari ini akan teramati sebagai gerhana Matahari Total (GMT). GMT dapat disaksikan khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial," ujar BRIN.

Dituliskan juga, bahwa Gerhana Matahari tersebut akan disaksikan sebagai gerhana matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia serta Samudera Pasifik.

BACA JUGA:Viral WNI Menang Lomba di Jepang, Bawa Pulang Piala Kena Pajak Rp4 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: