CEK FAKTA: Heboh Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Presiden Joko Widodo Beri Penghargaan

CEK FAKTA: Heboh Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Presiden Joko Widodo Beri Penghargaan

Disinformasi (Hoax) soal pemberian penghargaan dari Presiden Joko Widodo kepada Ida Dayak.--(Sumber Foto: kominfo.go.id).

BETVNEWS - Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kepada Ida Dayak, atas tindakannya yang melakukan pengobatan kepada masyarakat yang viral saat ini.

Dalam video yang beredar di media sosial Facebook, sebuah unggahan berupa video memperlihatkan saat Presiden Republik Indonesia, tengah memberikan berupa penghargaan kepada Ida Dayak.

BACA JUGA:Jadi Perbincangan! Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Ini Sosok Wanita Viral di Media Sosial

Berdasarkan informasi dari laman kominfo.go.id, setelah dilakukan penelusuran bahwa video yang mengatakan Presiden Jokowi memberikan penghargaan tersebut tidak benar (Hoax).

Bahwa video yang beredar tersebut, sudah mengalami proses pengeditan (manipulasi), dimana salah satu potongan video tersebut merupakan kegiatan Jokowi saat menerima penghargaan dari International Rice Research Institut (IRRI) Agustus 2022.

BACA JUGA:Baru 2 Desa di Lebong Bengkulu, Terima Rekom Pencairan Tahap Pertama

Dilansir dari kominfo.go.id, bahwa foto yang identik dalam video tersebut, dimuat dalam artikel di situs antaranews.com pada 14 Agustus 2022.

Artikel tersebut berjudul "Indonesia Terima Penghargaan IRRI atas Capaian Swasembada Beras", yang diterbitkan antaranews.com 14 Agustus 2022.

BACA JUGA:Tips Mudik Aman dan Lancar, Ini Barang yang Wajib Dibawa Perjalanan

Saat itu memang Indonesia mendapatkan sebuah penghargaan dari IRRI, atas keberhasilan dalam menjadikan Indonesia Swasembada Beras serta peningkatan sistem pangan dengan baik.

Sementara itu, sejauh ini tidak ada sama sekali pemberian penghargaan apapun kepada Ida Dayak, atas video viral yang mengklaim bisa mengobati berbagai penyakit.

BACA JUGA:Diduga Mabuk, Seorang Pria Bentak Polisi Saat KRYD Sabtu Malam di Bengkulu

Sebagai tambahan, kabar heboh tentang pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ida Dayak, saat ini memang sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, ribuan orang berbondong-bondong untuk melakukan pengobatan kepada Ida Dayak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: