Kalau Liburan ke Bengkulu, Jangan Lupa Cuci Muka di Rumah Bung Karno, Katanya Bikin Awet Muda Loh

Kalau Liburan ke Bengkulu, Jangan Lupa Cuci Muka di Rumah Bung Karno, Katanya Bikin Awet Muda Loh

Wisatawan berdatangan ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu di libur Lebaran 2023. Di dalam Ruman Pengasingan terdapat air sumur yang dipercaya bisa bikin awet muda bagi yang mampir dan cuci muka.--(Sumber Foto: Abdu/BETV)

Sementara itu, hal senada diungkapkan Ismail yang merupakan wisatawan asal kota Palembang Sumatera Selatan. 

 

Dirinya sengaja datang ke wisata ini untuk mengenalkan sejarah  bung Karno semasa diasingkan di Bengkulu kepada keluarga. 

 

"Ini dilakukan untuk mengingatkan kepada anak dan keponakan terkait sejarah saat bung Karno saat tengah diasingkan ke kota Bengkulu. Banyak nilai-nilai sejarah dan kesan yang dapat diambil dari rumah ini, kata Ismail.

 

Di lain sisi, meskipun baru 2 hari dibuka dalam momen Lebaran 2023, sudah terjual 500 lebih tiket pungunjung yang ingin melihat Rumah Pengasingan Bung Karno.

 

Sementara itu, Mengutip laman Asosiasi Musium Indonesia rumah yang dibangun pada awal abad ke-20 itu memiliki luas bangunan 162 meter persegi. 

 

Dindingnya polos dan pintu masuk utama berdaun ganda, begitu pula dengan jendela. Memiliki atap berbentuk limas dan paviliunnya ada di belakang bangunan induk.

 

Rumah Bung Karno terdiri dari dari teras, ruang tamu, beberapa kamar, teras belakang dan jendela kaca besar di seluruh sisi rumah.

 

Di dalamnya terdapat tiga ruangan di sisi kanan dan dua kamar tidur di sisi kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: