Seleksi CPNS 2023 Dibuka September, Simak 5 Jurusan Kuliah S1 Berpeluang Besar Jadi PNS, Ada Jurusan Kamu?

 Seleksi CPNS 2023 Dibuka September, Simak 5 Jurusan Kuliah S1 Berpeluang Besar Jadi PNS, Ada Jurusan Kamu?

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: ist)

BACA JUGA:KABAR BAIK! Seleksi CPNS 2023 Dibuka September, Lebih 1 Juta Formasi, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Kemudian untuk tenaga daerah terdapat 580.202 PPPK guru, 327.542 PPPK tenaga kesehatan, dan 35.000 PPPK tenaga teknis lainnya, serta alokasi PNS lulusan kedinasan sebanyak 6.259 orang.

BACA JUGA:Kabar Baik! Seleksi CPNS 2023, Kemenkumham Belum Buka Formasi, Penjelasan Lengkapnya Begini

Peluang Fresh Graduate

Disisi lain, formasi CPNS 2023 terbatas hanya 4 formasi yang menjadi fokus pemerintah di luar prioritas talenta digital. Hal ini merujuk pada Surat Edaran Menteri PANRB pada 14 Maret 2023 lalu. 

Formasi CPNS 2023 yang menjadi fokus diantaranya bidang kehakiman, bidang intelejen, bidang kejaksaan dan dosen. Sedangkan untuk talenta digital pemerintah memfokuskannya pada Fresh Graduate. 

Setidaknya, kata Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, formasi yang dibuka 20 persen diantaranya untuk Fresh Graduate. Hal ini menjawab persoalan tenaga honorer sekaligus kesempatan untuk Fresh Graduate mengabdi kepada negara. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2023 dan PPPK Dibuka September, Catat Tanggal dan Rincian Formasinya

Hal itu diungkapkan Anas di Jakarta pada Selasa 20 Juni 2023, yang mana dirinya mengatakan bahwa Fresh Graduate masih diutamakan pada talenta digital. Dengan kriteria Fresh Graduate akan tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat di Kementerian dan lembaga maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:CPNS 2023 Lulusan SMA Bisa Daftar, Ternyata Segini Besaran Gaji dan Tunjangannya!

Tentu saja kabar tersebut menjawab kebutuhan tenaga IT di seluruh pemerintah daerah yang sejalan dengan percepatan sistem SPBE atau Sitem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

Selanjutnya untuk kebutuhan tenaga teknis yang bidang pekerjaannya berpotensi terdistorsi perkembangan teknologi dan digitalisasi tidak akan dibuka untuk seleksi CPNS 2023. Kata Menteri PANRB yang prioritas tetap guru dan kesehatan. 

BACA JUGA:Update Terkini! Khusus Jabatan Ini, Usia 40 Tahun Bisa Daftar CPNS 2023, Cek Informasinya di Sini

Namun pastinya pengumunan resmi seleksi CPNS 2023, mulai dari formasi hingga jadwal pelaksanaan akan diumumkan secara resmi sehingga masyarakat diminta untuk tetap memantau informasi melalui akun resmi. 

BACA JUGA:Sungguh Mulia! Mengenal Para Istri Nabi Muhammad SAW, Salah Satunya Ada yang Dinikahi Masih Gadis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: