dempo

Peristiwa Penting! Kisah Dibalik Perintah Salat Lima Waktu, Nabi Muhammad SAW Naik Menuju Sidratul Muntaha

Peristiwa Penting! Kisah Dibalik Perintah Salat Lima Waktu, Nabi Muhammad SAW Naik Menuju Sidratul Muntaha

Gambar merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Indahnya Islam di Hawaii, Bertambahnya Saudara Muslim di Dunia!

"Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Mahamendengar lagi Mahamengetahui."

Menurut Syekh Muhammad Khudori pada Nur al-Yaqin fi Sirat Sayyidil Mursalin, menerangkan tentang hal yang dapat memicu terjadinya peristiwa Isra dan Miraj.

BACA JUGA:Masya Allah! Inilah Nama-nama Malaikat dalam Agama Islam, Lengkap dengan Sifat dan Tugasnya!

Dalam hal tersebut, sebagai bentuk dari tasliyah (hiburan) yang diberikan Allah SWT terhadap Kekasihnya (Nabi Muhammad SAW) karena dua orang yang dicintai meninggalkannya yakni Khadijah (sebagai istri) dan Abu Thalib (sebagai paman).

Peristiwa tersebut terjadi bertepatan pada tahun ke–11 kenabian (Nabi SAW saat itu masih berusia 51 tahun) atau biasa disebut juga dengan ‘amul huzn (Tahun Kesedihan).

BACA JUGA:Kisah Inspiratif: Ada Sahabat Nabi yang Paling Miskin Lantas Bahagia, Ternyata Ini Asalnya Sebelum Masuk Islam

Dengan menggunakan Buraq, Nabi Muhammad SAW pergi dari Masjidil Haram lalu ke Masjid Al-Aqsha.

Sesampainya di Masjid tersebut Nabi lebih dulu salat dua rakaat dengan seluruh nabi dan rasul terdahulu, serta juga malaikat-malaikat yang diimami beliau sendiri.

BACA JUGA:Misterius! Begini Kisah Putri Duyung dalam Pandangan Islam, Bolehkah Dinikahi dan Dimakan?

Selanjutnya Nabi Muhammad SAW naik bersama malaikat Jibril menuju langit pertama, Beliau lalu disambut manusia pertama yakni Nabi Adam alaihissalam di sana.

Saat datang, beliau mengucapkan salam kepada Nabi dan malaikat Jibril.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Cara Memuliakan Orang Tua Dalam Islam, Bukti Cinta Anak Kepada Ibu dan Ayahnya

Kemudian di langit kedua Rasulullah Muhammad SAW juga disambut Nabi Yahya dan Nabi Isa alaihimassalam, setelahnya pada langit ketiga Rasulullah SAW disambut dengan Nabi Yusuf alaihissalam.

Di langit keempat Nabi Muhammad SAW disambut oleh manusia yang pertama kali menulis memakai pena serta menjahit pakaian yakni Nabi Idris alaihissalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: