Dinas TPHP Bengkulu Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan 2 OPD Pemprov Jatim

Dinas TPHP Bengkulu Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan 2 OPD Pemprov Jatim

Foto bersama antara Dinas PTHP atau Pemerintah Provinsi Bengkulu dan OPD dari Pemerintah Jawa Timur, Senin 3 Juli 2023.--(Sumber Foto: Abdu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur serta Dinas Perkebunan Jawa Timur

Perjanjian tersebut dilaksanakan dalam kegiatan misi dagang dengan bentuk forum temu bisnis, yang mempertemukan para pelaku usaha asal Bengkulu dan Jawa Timur serta para OPD pada Senin 3 Juni 2023.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Bank Mandiri Resmi Salurkan Bonus Atlet dan Pelatih ASEAN Para Games 2023

Usai melakukan penandatanganan perjanjian, PLT Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Rosmala Dewi menyebutkan, adapun hal yang di kerjasamakan ialah terkait informasi produk, dan Produk Unggulan. 

Kemudian kerjasama di Bidang SDM serta kerjasama di bidang benih dan bibit.

"Tadi kita sudah lakukan PKS dengan 2 Opd Jawa Timur. Tentu dari kerjasama ini, diharapkan kita bisa memunculkan sub sektor tanaman Pangan Hortikultura untuk dapat di kerjasamakan dengan Provinsi Jatim," ungkap Rosmala Dewi. 


PLT Kepala Dinas PTHP Provinsi Bengkulu dan OPD Pemerintah Provinsi Jatim saat selesai melakukan tandatangan kerjasama.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut, melalui stand pihaknya bersama kelompok olahan Dinas TPHP menampilkan sub sektor kopi, kolang-kaling, gula aren, gula semut, olahan jeruk kalamansi, jeruk gerga, keripik jahe dan produk unggulan lainnya. 

"Tadi kebetulan ibu Gubernur sudah melihat stand kita dan beliau antusias sekali. Insyaallah kedepan banyak kerjasama kita laksanakan di sektor TPHP," tambahnya. 


Perjanjian kerjasama antara Dinas TPHP Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Selain itu, diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan investasi untuk pengembangan produk Bengkulu kedepan. 

"Untuk target terdekat sesuai kesepakatan dalam perjanjian, mungkin ada kerjasama sebagai penyuplai produk kopi, mengingat Jatim merupakan eksportir kopi. Selain itu pasar cangkang sawit yang juga prospek. Semoga ini berjalan lancar ya," tutupnya. 

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Sambut Baik MoU Pemprov Bengkulu dan Jatim

Dalam kesempatan tersebut, diketahui, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, dari misi dagang ini, transaksi Jatim dan Bengkulu yang baru berjalan setengah hari usai penandatanganan kerja sama antar daerah, sudah mencapai Rp174 Miliar. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: