Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang Launching Kampung Moderasi Beragama

Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang Launching Kampung Moderasi Beragama

Pelepasan Balon sebagai tanda Launching Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu 15 Juli 2023.--(Sumber Foto: Hendri/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang, melaksanakan launching Kampung Moderasi Beragama. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kepahiang Dr. Hartono sekaligus membuka kegiatan tersebut, Sabtu 15 Juli 2023.

Pada kegiatan tersebut Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, menetapkan Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas sebagai Kampung Moderasi Beragama. 

BACA JUGA:CPNS 2023 Dibuka September! Segera Cek Syarat Lengkap dan Cara Daftarnya

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Balai Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas tersebut, diikuti setidaknya sekitar 250 orang dari berbagai perwakilan organisasi keagamaan yang ada di wilayah Kabupaten Kepahiang. 

Dalam pelaksanaannya para tamu undangan juga disambut dengan prosesi adat, kemudian dalam kegiatan tersebut juga ada pembacaan doa yang disampaikan masing-masing perwakilan tokoh agama (Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu).

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan Cocok Dengan Fashion Boyish, Keren dan Serba Nyaman

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono menyambut baik adanya Kampung Moderasi Beragama tersebut, serta mendorong Desa-desa lain untuk mengikutinya untuk memupuk rasa toleransi dalam beragama. 

“Kampung moderasi beragama ini penting sekali, karena ada berbagai agama dan rumah ibadah di Kabupaten Kepahiang sehingga warga masyarakat tetap rukun dan tidak terjadi gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan konflik,” katanya. 

BACA JUGA:Resep Terong Raos Crispy Pedas Manis, Nikmatnya Siap Menggoyang Lidah

Kampung Moderasi Beragama tersebut sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Kepahiang, yaitu Terwujudnya Kabupaten Kepahiang yang Maju, Mandiri dan Sejahtera.

Tujuan dari kegiatan Launching Kampung Moderasi Beragama ini sebagai upaya melestarikan nilai- nilai kehidupan yang luhur berdasarkan kerukunan, gotong royong dan kekeluargaan di masyarakat. 

Menumbuhkan kesadaran swakarsa masyarakat dalam pemeliharaan kerukunan.

BACA JUGA:Gelombang 57 Sudah Dibuka! Begini Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, Dapat Insentif Rp4.200.000

Senada, dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kepahiang Drs. Albahri, M.Si mengatakan, Desa Meranti Jaya sebagai Kampung Moderasi Beragama telah melalui sejumlah proses survei dan koordinasi lintas sektor.

"Desa Meranti Jaya dinilai beragam agama dan suku, sehingga ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama. Dengan tujuan, ditengah keberagaman perbedaan agama, suku dan budaya kita tetap hidup rukun dan damai,” ungkap Drs. Albahri, M.Si.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: