Lakukan Pembangunan Tahap Kedua, DPRD Harap Rumah Adat Jadi Ikon Kabupaten Mukomuko

Lakukan Pembangunan Tahap Kedua, DPRD Harap Rumah Adat Jadi Ikon Kabupaten Mukomuko

Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, M. Ali Saftaini--(Sumber Foto: Jemi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kabupaten Mukomuko saat ini sedang mengerjakan proyek pembangunan Rumah Adat tahap kedua yang menelan anggaran sebesar Rp1,5 miliar dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) murni tahun 2023.


Proses pengerjaan ukiran Rumah Adat Mukomuko gunakan kayu jati asli Kabupaten Kendal Jawa Tengah. --(Sumber Foto: Jemi/BETV)

Disampaikan Kepala Dinas PUPR Mukomuko Apriansyah bahwa proyek ini dikerjakan melalui bidang cipta karya dan memang prosesnya dikerjakan di Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA:Polres Mukomuko Launching Rumah Kebangsaan, Wadah Berbagi Ide dan Gagasan

Pihaknya pun telah meninjau langsung lokasinya dan melakukan monitoring terhadap kebutuhan pokok dari pengerjaan pembangunan Rumah Adat Kabupaten Mukomuko ini.


Dinas PUPR Mukomuko saat meninjau bahan baku kayu pembuatan ukiran Rumah Adat Mukomuko yang menggunakan kayu jati. --(Sumber Foto: Jemi/BETV)

Bukan hanya itu saja pihaknya juga melihat langsung bahan yang digunakan untuk membuat ukiran rumah adat dengan bahan dari kayu jati.

BACA JUGA:Paripurna HUT RI Ke-78, Pemkab Mukomuko Minta Semua Elemen Isi Kemerdekaan dengan Pembangunan

Adapun kayu jati yang digunakan untuk menghiasi ornamen rumah adat dipastikan keasliannya, mulai dari umur kayu yang digunakan dan asli berasal dari Kabupaten Kendal Jawa Tengah.


Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Apriansyah. --(Sumber Foto: Jemi/BETV)

Di sisi lain dukungan pembangunan Rumah Adat ini juga berasal dari DPRD (Dewan Pimpinan Rakyat Daerah) Kabupaten Mukomuko. Ketua DPRD M. Ali Saftaini mengatakan bahwa dengan dikerjakannya tahap kedua pembangunan, maka diharapkan kedepannya Rumah Adat ini dapat menjadi ikon atau ciri khas Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:Pembangunan Rumah Adat Mukomuko Tahap Dua Dimulai, Bernuansa Kayu Jati

"Pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran yang tidak sedikit untuk Rumah Adat Beni Alam, harapannya tak lain san tak bukan untuk menjadikan rumah adat ini. Sebagai icon kebanggaan warga kabupaten Mukomuko kedepannya," kata Ketua DPRD.


Rancangan Rumah Adat Mukomuko. --(Sumber Foto: ist/BETV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: