dempo

20 Oktober 2023 Memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, Cek 5 Cara Mencegah Penyakit Tulang Ini Sejak Dini

20 Oktober 2023 Memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, Cek 5 Cara Mencegah Penyakit Tulang Ini Sejak Dini

Cara mencegah penyakit Osteoporosis dalam rangka merayakan Hari Osteoporosis Sedunia 19 Oktober 2023.--(Sumber Foto: Pexels)

Kalsium berperan dalam memperkuat tulang. Dengan demikian, penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian guna menunjang kesehatan tulang.

Konsumsi makanan kaya kalsium setiap hari, seperti berbagai produk susu rendah lemak, biji-bijian tinggi kalsium, produk olahan kedelai, kacang almond, dan sayuran hijau.

BACA JUGA:16 Oktober Memperingati Hari Kesadaran Alergi Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

2. Berolahraga secara teratur

Cara mencegah osteoporosis yang selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Aktif dan berolahraga dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, apalagi jika dilakukan secara rutin sejak masa kanak-kanak dan remaja.

Pilihlah olahraga favorit untuk dijadwalkan setiap hari, seperti latihan beban dan ketahanan yang bertujuan untuk memperkuat otot dan tulang.

Lakukan hal ini secara rutin untuk menjamin kesehatan tulang di masa depan, terutama saat kepadatan tulang mencapai puncaknya sekitar usia 30 tahun.

BACA JUGA:17 Oktober Peringati Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Intip Tema, Tujuan hingga Sejarahnya

3. Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah.

Kalsium dan fosfor merupakan dua faktor utama dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga mengonsumsi vitamin D yang cukup akan mendukung kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Vitamin D bisa didapatkan dengan rutin berjemur sekitar 10-15 menit, sambil tetap menggunakan tabir surya.

Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya vitamin D seperti telur, susu, sereal, salmon, tuna dan sejenisnya. 

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah di Provinsi Bengkulu, Peringati Hari Pangan Sedunia

4. Hindari kebiasaan buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: