10 Macam Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda hingga Bantu Turunkan Berat Badan

10 Macam Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi. 10 macam buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Web/Kompas Health)

BETVNEWS - Buah sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain manis dan menyegarkan, buah ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, selain dimakan langsung buah juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Khasiat yang luar bisa dari buah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Melansir dari klikdokter.com dan hallosehat.com, berikut macam-macam buah yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh:

BACA JUGA:Buah Pir Kaya Nutrisi, Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit hingga Penyakit Kanker, Cek Kandungannya di Sini

1. Apel

Siapa yang tidak pernah makan buah ini? Apel sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai negara. Selain memiliki rasa yang manis, mengkonsumsi apel ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Buah ini mengandung banyak serat sehingga bisa membuat kenyang tahan lama.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah apel baik untuk kesehatan jantung karena kandungan senyawa flavonoid dan serat pada apel. 

BACA JUGA:Makin Subur! Cek Syarat dan Tanaman Apa Saja yang Bisa Dicangkok di Sini, Cara Ampuh Hasilkan Buah Berkualitas

Studi terbitan Critical Reviews in Food Science and Nutrition (2020) menemukan bahwa mengonsumsi 100–150 gram apel per hari berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi, peradangan, serta kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Nanas

Buah nanas memiliki rasa yang menyegarkan, perpaduan asam dan manis pada buah ini cocok dikonsumsi pada siang hari.

Namun, selain rasanya yang menyegarkan ternyata buah nanas dapat menurunkan resiko terkena infeksi berkat kandungan antiradang yang terdapat di dalamnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Kandungan Buah Naga Ini Ampuh Redakan Batuk hingga Kurangi Risiko Kanker, Simak di Sini

Selain itu, buah nanas juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung enzim bromelain, yaitu andungan agen antiradang yang bisa mengurangi bengkak serta memperbaiki lapisan organ yang rusak dengan lapisan yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: