Warga Minta Perbaikan Tanggul Irigasi Bendungan Seluma yang Jebol

Warga Minta Perbaikan Tanggul Irigasi Bendungan Seluma yang Jebol

Tanggul irigasi Bendungan Seluma jebol, warga Padang Rambun minta perbaikan.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU,BETVNEWS - Tanggul irigasi Bendungan Seluma (BS) di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan jebol, mengakibatkan kurangnya pasokan air yang mengairi persawahan.

Diketahui tanggul saluran irigasi Bendungan Seluma yang jebol itu terjadi sejak pertengahan tahun 2022 lalu sampai saat ini tak kunjung di perbaiki.

BACA JUGA:Relawan Kebangsaan Bengkulu Deklarasi Dukungan Ganjar dan Mahfud

"Sejak pertengahan tahun 2022 lalu saluran ini jebol, sampai kini belum juga diperbaiki," kata Alim Gozali, petani (Rabu 25 Oktober 2023).

Tak hanya itu untuk mencukupi kebutuhan air yang mengairi persawahan dirinya bergotong royong bersama petani lainya menutup aliran irigasi yang jebol dengan menggunakan karung karung yang diisi tanah yang ditumpuk pada aliran yang jebol.

BACA JUGA:Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan Dibuka, Lestarikan Seni Budaya Daerah Seluma

"Kami gotong royong untuk menutup aliran yang jebol itu untuk mencukupi kebutuhan air, tapi itu ngga tahan lama pasti bakal jebol lagi," sambung Alim Gozali.

Alim mengungkapkan di karenakan jebol nya aliran irigasi sekunder Bendungan Seluma mengakibatkan kurangnya pasokan air yang mengaliri persawahan dan kerap terjadi keributan rebutan air antar petani.

BACA JUGA:Tubuh Pria di Seluma Dilalap Si Jago Merah saat Salat Maghrib di Pondok Kebun

" Sering mas ribut gara gara rebutan air , jadi kami mint ke pihak BWSS7 dan Pemkab agar cepat di perbaiki," lanjut Alim.

Sementara itu perihal jebolnya tanggul untuk itu dirinya berharap kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera 7 (BWSS) dan Pemerintah Kabupaten agar segera diperbaiki.

"Sudah kami sampaikan ke Pemkab dan ke BWSS kami berharap agar diperbaiki, agar pasokan air kembali normal sehingga kebutuhan pengairan sawah tercukupi," tutupnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: