dempo

26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini--(Sumber Foto: Voi.id)

BETVNEWS - Setiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan setiap tahunnya. Tidak terkecuali tanggal 26 Oktober 2023.

Tahun 2023 ini, 26 Oktober jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Peringatan Meletusnya Gunung Merapi.

Gunung Merapi terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah (meliputi Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman).

BACA JUGA:Hari Pasta Sedunia 25 Oktober 2023: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa nan Lezat

Menurut data Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban tewas akibat peristiwa ini adalah sebanyak 386 orang.

Tidak hanya mengalami kerugian raga namun warga yang terdampak juga kerugian materil. Banyak rumah yang akhirnya ditinggalkan karena sudah tidak layak lagi untuk dihuni. 

Erupsi Gunung Merapi juga berdampak pada sejumlah sekor seperti sektor sosial, ekonomi, infrastruktur, dan sektor lainnya yang mengakibatkan terganggunya aktivitas di sekitar Gunung Merapi.

Selain Hari Peringatan Meletusnya Gunung Merapi, tanggal 26 Oktober juga diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia dan Hari Nasional Austria.

BACA JUGA:26 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini, Ada Hari Kanker Payudara Sedunia

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Peringatan Meletusnya Gunung Merapi

Tanggal 26 Oktober juga dikenang sebagai Hari Peringatan Meletusnya Gunung Merapi yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah (meliputi Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman).

13 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Oktober 2010, terjadi peristiwa yang tidak selalu diingat oleh masyarakat Indonesia khususnya warga Yogyakarta. 

Pada tanggal ini, Gunung Merapi mengeluarkan letusannya sehingga memakan banyak korban jiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: