Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi. Gambar bawang hitam atau black garlic--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bawang Hitam atau yang lebih dikenal Black Garlic merupakan hasil frementasi dari bawang putih yang masih segar dan mentah.

Balck garlic adalah fermentasi bawang putih yang mengalami proses penyimpanan pada suhu antara 60-77 derajat Celsius selama 30 atau bahkan sampai 90 hari.

Selama berada pada fase frementasi, bawang putih mengalami perubahan warna, yang tadinya berwarna putih menjadi warna hitam hitam, teksturnya pun berubah menjadi kenyal dan lembu,  serta memiliki cita rasa yang sedikit asam.

BACA JUGA:Dapat Mengobati Kista dan Ovarium! Ini 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Cek Manfaat Lainnya

Dibalik rasa yang sedikit asam tersebut, nyatanya black garlic mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Black garlic mempunyai kandungan antioksidan dan nutrisi yang cukup tinggi. Per 15 gram bawang hitam ini mengandung kalori sebanyak 20 kkal, Protein 5 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 2 gram, serat 5 gram, dan gula 4 gram.

Selain kandungan tersebut black garlic juga memiliki berbagai nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, hingga zat besi.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Cegah Serangan Jantung hingga Sinusitis

Mempunyai segudang nutrisi dan kandungan antioksida, black garlic sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Dilansir dari Halodoc.com, berikut manfaat mengonsumsi black garlic bagi kesehatan, diantaranya:

1. Menunjang Kesehatan Jantung

Bawang hitam yang memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan dari senyawa bioaktif di dalamnya baik untuk menunjang kesehatan jantung dengan memberikan perlindungan terhadap sel yang berada pada sistem kardiovaskular.

Senyawa tersebut berperan sebagai penghambat pembentukan protein dan enzim yang menjadi penyebab peradangan, selain itu Black Garlic dapat membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah.

BACA JUGA:Ingin Wajah Cerah Alami? Rutin Konsumsi Buah Bengkoang, Dapatkan 5 Manfaatnya Untuk Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: