Bersihkan Emas yang Menghitam Akibat Aktivitas Ini Hanya Menggunakan Sabun Cuci Piring, Coba Sekarang!

Bersihkan Emas yang Menghitam Akibat Aktivitas Ini Hanya Menggunakan Sabun Cuci Piring, Coba Sekarang!

Ilustrasi. Penyebab emas menghitam dan cara membersihkannya.--(Sumber Foto: Web/Grid.id)

BETVNEWS - Emas punya daya tarik tersendiri. Memiliki model yang elegan membuat perhiasan ini sangat diminati oleh masyarakat. Namun, tahukah kamu? bahwa emas ternyata bisa kehilangan kilaunya, jika tidak dirawat dengan baik.

BACA JUGA:Berikut Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Putih, Pakai 2 Tips Ini Kalau Mau Untung, Cari Tahu di Sini!

Selain itu, emas bisa menghitam jika selalu dipakai tanpa dibersihkan. Kotoran dari berbagai aktivitas harian akan menempel dan mengendap di sela-sela emas perhiasan sehingga, lama-kelamaan emas akan memudar dan menghitam. 

Melansir dari ocbc.id, emas dapat menghitam karena sebab-sebab berikut ini:

Penyebab Emas Menghitam

Emas akan memudar dan menghitam jika dipakai terus menerus. Hal tersebut karena, noda dari berbagai aktivitas harian dapat menempel dan mengendap pada emas. Kotoran yang menumpuk akhirnya menutupi kilau dari emas tersebut dan permukaan yang ternoda biasanya akan menggelap.

BACA JUGA:Yuk Pahami Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Putih Sebelum Beli, Investor Wajib Tahu!

Kondisi itu disebut korosi, proses ini terjadi saat senyawa uap air, oksigen, dan logam lain di dalam emas bercampur. Biasanya, kondisi ini terjadi pada emas muda atau yang kadar kemurniannya rendah.

Tidak hanya itu, keringat, parfum, hairspray, losion, dan detergen adalah bahan-bahan yang perlu kamu hindari karena akan mempercepat reaksi korosi pada emas. Namun, kamu tidak perlu khawatir, emas yang menghitam dapat dibersihkan dengan cara berikut ini:

BACA JUGA:Penting! Ini 4 Resiko Investasi Emas yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula, Berikut Penjelasannya

1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara mengembalikan emas yang menghitam dapat menggunakan sabun cuci piring. Memiliki tekstur yang cair dan lembut menjadikan sabun pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai pembersih emas yang menghitam. 

Direkomendasikan menggunakan campuran air hangat agar kotoran terangkat lebih maksimal. Selain itu, penggunaan sabun dan air hangat untuk membersihkan emas meminimalisir resiko kerusakan atau membuatnya keropos.

BACA JUGA:Mau Investasi Emas Antam dengan Untung Maksimal? Ini Jangka Waktu Idealnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: