Nabi Muhammad SAW Telah Peringatkan Hal Ini! 6 Fitnah Akan Terjadi Saat Hari Kiamat Tiba, Apa Saja?

Nabi Muhammad SAW Telah Peringatkan Hal Ini! 6 Fitnah Akan Terjadi Saat Hari Kiamat Tiba, Apa Saja?

Ilustrasi. 6 Fitnah yang akan terjadi saat hari kiamat tiba.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Menjelang hari kiamat akan ada sejumlah fitnah yang terjadi, dalam hal ini Nabi Muhammad SAW telah memberikan peringatan kepada kita umat manusia.

Sebagaimana diketahui, hari kiamat merupakan hari di mana kehidupan yang ada di dunia sudah berakhir. Kemudian menjadi awal kehidupan semua umat di akhirat (semua amal perbuatan saat di dunia dipertanggung jawabkan).

BACA JUGA:Jarang Disadari! Tanda Kiamat yang Satu Ini Telah Muncul di Zaman Sekarang, Sudah Tahu Belum?

Tidak terkecuali, semua umat manusia akan mengalami berbagai jenis cobaan yang Allah SWT telah beri perintah, termasuk menghadapi fitnah akhir zaman. Melalui hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, yang artinya:

"Akan datang tahun-tahun penuh kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang jujur didustakan, pengkhianatan terhadap amanah yang diberi, orang yang jujur dikhianati, dan ruwaibidhah ikut berkomentar. Lalu ditanya, apa itu ruwaibidhah? Beliau menjawab, orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum."

BACA JUGA:Masya Allah! Manusia Bisa Selamat di Hari Kiamat, Cukup Amalkan Perkara Sederhana Ini Setiap Hari

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah fitnah yang akan muncul menjelang hari kiamat dan sudah diperingatkan Rasulullah yakni,

1. Terpecahnya umat muslim

Ibnu Hajar al Asqalani pernah berkata, "Fitnah pertama telah muncul dari arah timur. Hal itulah yang merupakan penyebab berpecah belahnya kaum Muslimin. Dari arah tersebut, yakni Irak, telah muncul kelompok Khawarij, Faridhah, Bathiniyah, Qadariyah, Jahmiyah, Muktazilah, Jabariyah, dan lain-lain."

Dari riwayat Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, fitnah itu berasal dari sini, beliau mengisyaratkan tangannya ke arah timur, dari arah tanduk setan muncul." (HR Muslim)

BACA JUGA:Bikin Haru! Ayat Al Quran Akan Hilang di Hari Kiamat, Begini Penjelasannya

2. Terjadinya kerusakan di seluruh penjuru bumi

Terjadinya kerusakan di seluruh penjuru bumi dikarenakan masih banyak orang yang hidupnya iri pada orang meninggal. Hal tersebut diterangkan dalam hadits riwayat Imam Al Bukhari dari Al-A'raj dari Abu Hurairah bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda:

"Kiamat tidak akan terjadi sampai seorang lelaki melewati kuburan seseorang lalu berkata: 'Aduhai, andaikan aku berada di tempatnya." (HR. Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: