dempo

Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Bukan cuma obat ngantuk! Ini sederet manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuhmu, sudah tahu?--(Sumber Foto: pixabay)

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjaga kesehatan hati, kopi juga dapat menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan resiko gangguan jantung. Seperti yang terdapat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, jurnal tersebut menjelaskan bahwa orang yang sering mengonsumsi kopi hitam sebanyak tiga hingga lima kali mengalami penurunan resiko gangguan jantung sebesar 15%.  

Di saat yang bersamaan, kopi juga dapat menurunkan resiko stroke sebanyak 20% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. 

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Teh Kombucha bagi Kesehatan, Diduga Ampuh Kurangi Peradangan hingga Risiko Penyakit Jantung

9. Mengurangi Resiko Batu Empedu

Kandungan di dalam kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang dapat menyebabkan pembentukan kristal atau batu di dalam kantung empedu karena kandungan di dalam kopi dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu sehingga kolesterol tidak menumpuk. 

10. Meningkatkan Kualitas Olahraga

Kopi juga dapat membantu meningkatkan kualitas olahraga karena dapat menimbulkan peningkatan kekuatan otot, daya tahan dan kekuatan sekaligus mengurangi rasa sakit saat olahraga. Oleh sebab itu, meminum kopi dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat selama olahraga dan menghasilkan pengingkatan kekuatan otot serta daya tahan yang jauh lebih baik. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Air Putih! Ini 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Salah Satunya Susu Cokelat

11. Mengurangi Resiko Kanker

Melansir dari laman Harvard School of Public Health, kopi diketahui dapat mempengaruhi perkembangan kanker yang dimulai dari permulaan hingga kematian sel kanker. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cander Society juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa penelitian bahwa kopi dapat menurunkan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker mulut atau tenggorokan, kanker endometrium dan kanker hati. 

BACA JUGA:Kabar Baik untuk Pecinta Kopi! Ternyata Ini Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

12. Mencegah Penyakit Parkinson

Mengonsumsi kopi hitam dapat menurunkan resiko parkinson. Parkinson sendiri merupakan suatu penyakit pada sistem saraf yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol gerakan dan keseimbangan. Bahkan kopi hitam dapat membantu mereka yang telah mengidap parkinson untuk mengontrol penyakit yang diderita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: