dempo

Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Bukan cuma obat ngantuk! Ini sederet manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuhmu, sudah tahu?--(Sumber Foto: pixabay)

Kopi memang telah dikenal lama mampu meningkatkan energi karena kandungan kafein di dalamnya. Oleh sebab itu banyak orang yang meminum kopi di pagi hari sebelum memulai hari agar dapat memulai hari dengan penuh energi. 

BACA JUGA:Biar Tetap Semangat Setelah Bangun Tidur, Ini Tips Menambah Energi di Pagi Hari

4. Sumber Antioksidan Untuk Tubuh

Kopi merupakan buah yang kaya akan antioksidan, baik masih berupa buah maupun telah berupa biji. Bahkan kopi merupakan salah satu penyumbang antioksidan terbesar untuk tubuh meski yang tidak mengandung kafein sekalipun. Karena itu, kopi dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dan jaringan tubuh. 

5. Menjaga Fungsi Otak

Kopi hitam dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak sehingga dapat pula membantu menurunkan resiko penyakit Alzheimer hingga Demensia. Seperti yang dijelaskan di dalam Journal Pratical Neurology, konsumsi kopi diketahui dapat mencegah penurunan fungsi kognitif pada otak. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

6. Mencegah Depresi dan Menaikkan Mood

Melansir dari laman halodoc.com, Jurnal Nutrients memperlihatkan penelitian yang menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi setiap harinya memiliki angka depresi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu cangkir. Penelitian ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui jumlah yang tepat dalam pengoptimalan manfaat tersebut.

Mengonsumsi kopi juga dapat menaikkan mood karena dapat memberi energi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kepuasan, ketenangan, hingga kasih sayang. Bahkan temuan penelitian ikut menunjukkan bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi. 

BACA JUGA:Minuman Kopi Jahe, Khasiatnya Luar Biasa Untuk Tubuh, Pria Dianjurkan Minum

7. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung

Kopi hitam juga dapat menjaga kesehatan hati dan menurunkan resiko gangguan jantung. Penelitian dalam World Journal Of Hepatology menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam memiliki resiko yang rendah mengalami kematian akibat masalah gangguan hati. Hal ini sejalan dengan Journal Of Clinical Gastroenterology yang menyebutkan bahwa minum kopi bisa mengurangi lemak pada hati. 

Senyawa kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati. Kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis karena temuan menunjukkan bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi memiliki resiko hingga 80% lebih rendah. 

BACA JUGA:Komunitas Tobo Berendo Pertahankan Tradisi Neron, Budaya Minum Kopi di Tepian Danau Dendam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: