Jarang Diketahui, Ini Manfaat Biji Salak untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menjaga Fungsi Otak

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Biji Salak untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menjaga Fungsi Otak

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan biji salak baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Buah satu ini cukup terkenal di Indonesia, tidak hanya isinya diketahui biji salak juga berpengaruh memberikan manfaat untuk kesehatan.

Sehingga tak jarang mereka juga memanfaatkan bijinya diolah menjadi bahan yang bisa dikonsumsi. Cukup menarik, sebagaimana diketahui buah salak memiliki kulit kecokelatan dengan sisik seperti ular dan bijinya juga berwarna sama.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Lengkap dengan Kandungan Gizinya

Tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya menjadikan salak punyak nilai jual dan dapat dinikmati siapa saja. Dengan perpaduan rasa manis dan sedikit sepat, banyak dari mereka menyukai buah ini.

Nama latin buah salak adalah Salacca zalacca dan masih termasuk famili Palmae atau jenis tumbuhan Arecaceae asli Indonesia, yang ternyata juga dapat ditemukan di Malaysia.

BACA JUGA:Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Cek Manfaat Lain dan Kandungan Buah Salak untuk Kesehatan Ini

Biji salak juga memiliki nutrisi yang sehat untuk tubuh seperti kandungan serat, karbohidrat, vitamin, mineral, hingga senyawa antioksidan. Tidak hanya itu, buah ini diyakini dapat menjaga fungsi otak hingga mencegah radikal bebas.

Buah bersisik ini memiliki biji berwarna cokelat dan ternyata bisa diolah menjadi bubuk kopi dengan cita rasa yang unik. Minuman tersebut juga sudah banyak dijual di pasaran, sehingga sebagian orang sudah mengenal kopi dari biji salak ini.

BACA JUGA:Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Lalu apa saja manfaat dari biji satu ini dalam kesehatan, dilansir dari laman gramedia, simak penjelasannya berikut.

Manfaat biji salak

1. Dapat menjaga fungsi otak

Biji salak ini memiliki manfaat dalam kesehatan seperti dapat mempengaruhi otak agar tetap terjaga. Sebab banyaknya rutinitas yang dilakukan manusia seperti berbicara, berjalan hingga bernapas yang mempengaruhi sistem saraf.

BACA JUGA:Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Simak Resep Puding Jambu Biji yang Lezat dan Mudah Dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: