Inilah Sederet Perbedaan Generasi-Z dan Kaum Milenial, Kamu Masuk Yang Mana?

Inilah Sederet Perbedaan Generasi-Z dan Kaum Milenial, Kamu Masuk Yang Mana?

Ilustrasi, Generasi Z--(Sumber Foto: iStockphoto)

Mengutip dari berbagai sumber, berikut perbedaan dari generasi Z dan generasi Milenial. 

1. Pengalaman Pelanggan bagi Generasi Milenial Jauh Lebih Penting Dibandingkan Generasi Z

Customer experience saat berbelanja selalu menjadi perhatian bagi generasi milenial. Mereka sensitif pada pengalaman yang tidak menyenangkan dan seringkali memberikan umpan balik di media sosial mereka terhadap pengalaman yang mereka peroleh. 

BACA JUGA:5 Cara Hilangkan Ngantuk dan LeLah Saat Bekerja, Cek di Sini!

Hal ini terjadi karena generasi milenial berespektasi lebih pada layanan pelanggan dan cenderung akan menaruh perhatian lebih pada perusahaan yang menawarkan layanan yang memuaskan. 

Sedangkan Generasi Z biasanya lebih berfokus pada efisiensi dan kemudahan sehingga seringkali lebih memilih layanan self service saat berbelanja. Gen Z juga akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mencari tahu tentang produk yang akan mereka beli sebelum membelinya. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Menunda Pekerjaan, Salah Satunya Tentukan Target

2. Gen Z Memiliki Harapan yang Lebih Tinggi pada Inovasi Dibandingkan Para Generasi Milenial

Gen Z yang terbiasa pada teknologi maju memiliki harapan yang tinggi terhadap inovasi dan juga teknologi. Hal ini didasari oleh rasa kurang puas terhadap teknologi yang ada saat ini. 

Berbeda dengan Gen Z, generasi Milenial lebih skeptis terhadap pengembangan teknologi baru. Meski demikian, mereka juga terbuka terhadap inovasi-inovasi yang mungkin dilakukan. 

BACA JUGA:Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan Masyarakat

3. Generasi Milenial Bersifat Idealis, Sedangkan Generasi Z Bersifat Pragmatis

Generasi milenial cenderung lebih idealis dan seringkali mencari arti dan makna dalam pekerjaan juga kehidupan mereka. Milenial juga bersikap lebih optimis tentang masa depan dan percaya bahwa mereka dapat membuat perubahan pada dunia sehingga mereka suka mendorong gerakan sosial dan lingkungan serta menghargai transparasi di dalam suatu hubungan. 

BACA JUGA:Teknologi Kamera Terbaik, Ini 7 Fitur Unggulan iPhone 15 Plus yang Wajib Kamu Tahu

Sementara itu, pandangan Generasi Z justru bersikap lebih pragmatis dan realistis serta lebih fokus pada stabilitas dan keselamatan kerja. Tantangan global yang dihadapi oleh Gen Z seringkali memberikan pengaruh terhadap cara pandang mereka terhadap dunia sehingga Gen Z cenderung merasa tidak aman tentang masa depan. Gen Z lebih berfokus pada keselamatan dan stabilitas alih-alih idealisme. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: