Inilah Sederet Perbedaan Generasi-Z dan Kaum Milenial, Kamu Masuk Yang Mana?

Inilah Sederet Perbedaan Generasi-Z dan Kaum Milenial, Kamu Masuk Yang Mana?

Ilustrasi, Generasi Z--(Sumber Foto: iStockphoto)

BACA JUGA:Update Terbaru Harga iPhone 15, Plus, Pro, dan Pro Max di iBox Hari Ini Senin 1 Januari 2024, Cek Rinciannya!

4. Generasi Z Lebih Rajin Menabung Dibandingkan Generasi Milenial

Dalam hal mengelola uang, Gen Z lebih fokus menabung dan cenderung membeli produk praktis. Mereka lebih bijaksana dalam mengatur keuangan dan berhati-hati dalam mengambil resiko yang bersinggungan dengan kondisi finansial. 

Sementara itu, generasi milenial dianggap kurang rajin menabung dan lebih senang menggunakan kartu kredit untuk membeli produk yang bisa memberi mereka pengalaman positif serta memenuhi kebutuhan mereka. 

BACA JUGA:Tips Menabung Ala Orang Jepang, Terbukti Bikin Cepat Kaya!

5. Generasi Z Lebih Suka Berbelanja di Toko, Sedangkan Generasi Milenial Suka Berbelanja Online

Generasi Z lebih menikmati pengalaman berbelanja offline dan menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan bersama teman-teman mereka alih-alih berbelanja online meskipun mereka tubuh di era digital dimana hampir semua hal bergantung pada ponsel dan teknologi. 

Sementara itu, Milenial justru lebih terbiasa menggunakan plarform untuk belanja online dan menyukai kenyamanan dan kemudahan berbelanja dari rumah. Bagi Milenial, berbelanja melalui platform digital lebih menyenangkan karena mereka tak perlu menghabiskan waktu di toko-toko offline. 

BACA JUGA:Belanja Online Bikin Kecanduan? Ada 4 Cara untuk Mengatasinya Kok, Simak di Sini!

6. Generasi Milenial Lebih Memedulikan Merek, Sedangkan Generasi Z Ingin Mandiri

Generasi Milenial lebih suka membeli merek-merek yang terkenal dan terjamin kualitasnya. Mereka bahkan bisa membeli merk yang sama berkali-kali selama mereka merasa puas akan produk dari merek tersebut. 

Sementara bagi Gen Z yang begitu akrab dengan internet, mereka memiliki kebiasaan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli, seperti membaca ulasan-ulasan atau review dari beberapa laman internet. Karenanya, Generasi Z cenderung tidak mementingkan merek dan berfokus pada kualitas produk. 

BACA JUGA:Penting! 9 Tips Aman Belanja Online agar Tidak Mudah Ditipu

7. Generasi Milenial dan Generasi Z Memiliki Komunikasi dan Konsumsi Media yang Berbeda

Kedua generasi memiliki preferensi yang berbeda dalam memilih dan menggunakan media. Gen Z lebih nyaman dengan komunikasi visual yang singkat melalui emoji, meme dan juga video pendek. Gen Z juga biasanya menggunakan platform media sosial Instagram, TikTok, dan Snapchat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: