4 Januari Memperingati Hari Hipnotisme Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

4 Januari Memperingati Hari Hipnotisme Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Tahun ini, 4 Januari 2024 bertepatan dengan hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Hipnotisme Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

Metode Mesmer menarik perhatian praktisi medis lain dan mereka menyebutnya mesmerisme sesuai namanya.

Sayangnya, hipnosis disalahartikan sebagai praktik okultis dan metode ini dikucilkan serta mendapat pertentangan dari berbagai pihak.

Kemudian, ahli bedah Skotlandia James Braid mengemukakan istilah 'hipnotisme' dan 'hipnosis' untuk menamai metode ini. 

BACA JUGA:1 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Keluarga Sedunia

2. Hari Braille Sedunia

Setiap tanggal 4 Januari diperingati sebagai Hari Braille Sedunia. Peringatan ini diadakan untuk menghormati kelahiran Louis Braille, penemu Braille.

Penemuan Braille menjadi sumber pencerahan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia yang mengalami gangguan penglihatan. Pada hari ini, juga mengakui bahwa penyandang disabilitas penglihatan berhak mendapatkan standar hak asasi manusia yang sama seperti orang lain.  

BACA JUGA:31 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Meditasi Perdamaian Sedunia

Istilah 'Braille' diambil dari nama penciptanya, Louis Braille. Ia adalah seorang berkebangsaan Prancis yang kehilangan penglihatannya saat masih kecil ketika dia secara tidak sengaja menusuk matanya. 

Sejak usia 10 tahun, ia menghabiskan waktu di Royal Institute for Blind Youth di Perancis. Disana ia merumuskan dan menyempurnakan sistem titik timbul yang akhirnya dikenal sebagai Braille. 

Akhirnya, Braille perlahan diterima di seluruh dunia sebagai bentuk informasi tertulis utama bagi penyandang tunanetra. Sayangnya, Braille tidak mempunyai kesempatan untuk melihat betapa bermanfaatnya penemuannya. Dia meninggal pada tahun 1852, dua tahun sebelum Royal Institute mulai mengajarkan Braille. 

Bantuan luar biasa Braille yang membuka aksesibilitas bagi tunanetra diakui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA). 

BACA JUGA:30 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Natrium Bikarbonat

Pada bulan November 2018, tanggal 4 Januari ditetapkan sebagai Hari Braille Sedunia. Hari Braille Sedunia yang pertama diperingati pada tahun berikutnya dan diperingati sebagai peringatan internasional. 

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 4 Januari. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: