9 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Koreografer Internasional

9 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Koreografer Internasional

Tahun ini, 9 Januari 2024 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini memperingati Hari Koreografer Internasional.--(Sumber Foto: Pexels)

Tari menyebar ke seluruh dunia untuk tujuan yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, terjadi ledakan bentuk tarian dan musik baru, dan menjadi terstruktur. Ketika orang-orang menjelajah lebih jauh, aturan dan karakteristik berbagai bentuk tarian menjadi jelas. 

Pada tahun 1900-an, kata 'koreografi' dan 'koreografer' mulai digunakan, dan dunia koreografi mengambil bentuk baru. Hari Koreografi Internasional mulai diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Januari untuk merayakan para seniman tersebut. 

BACA JUGA:4 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Braille Sedunia

2. Hari Listrik Statis

Hari Listrik Statis diperingati setiap tanggal 9 Januari. Peringatan ini adalah hari yang didedikasikan untuk fenomena muatan listrik yang menarik dari listrik serta mempelajari mengapa dan bagaimana hal itu terjadi. 

Listrik statis mengacu pada peningkatan muatan listrik yang ada pada permukaan suatu benda. Muatan ini tetap berada di permukaan tersebut, bergerak ke tanah, dilepaskan, atau berpindah ke benda lain. 

Ketika dua benda digosokkan, kedua benda tersebut memperoleh muatan yang sama besar dan berlawanan arah sehingga menimbulkan gaya tarik-menarik di antara keduanya. 

BACA JUGA:3 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Peringatannya, Ada Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional

Filsuf Yunani, Thales dari Miletus, adalah orang pertama yang menyebutkan listrik statis dalam catatannya.

Hal ini ditindaklanjuti 300 tahun kemudian ketika Theophrastus menggosokkan batu-batu yang berbeda untuk mengamati "kekuatan tarik-menarik" ini. Namun tak satu pun dari mereka yang meneliti fenomena ini secara mendalam.

Sekitar 2.000 tahun kemudian, setelah istilah 'listrik' diciptakan. Ilmuwan Jerman Otto von Guericke mulai meneliti listrik statis, fisikawan Prancis Charles-Augustin de Coulomb meneliti listrik statis dalam jumlah tetap, dan ilmuwan Amerika Benjamin Franklin mengaitkan listrik statis dengan badai.

BACA JUGA:2 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Introvert Sedunia

Pemain kunci lainnya adalah ilmuwan Michael Faraday, yang membuktikan bahwa listrik dari magnet, listrik volta yang dihasilkan oleh baterai, dan listrik statis adalah sama. 

Setelah konsepnya lebih dipahami, listrik statis mulai digunakan dalam trik sulap, inovasi, dll. Saat ini kita dikelilingi oleh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 9 Januari. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: