Jarang Diketahui! Inilah Ragam Manfaat Kacang Hijau, Bisa Kontrol Gula Darah Hingga Memperkuat Tulang

Jarang Diketahui! Inilah Ragam Manfaat Kacang Hijau, Bisa Kontrol Gula Darah Hingga Memperkuat Tulang

Jarang diketahui! Inilah ragam manfaat kacang hijau, bisa kontrol gula darah hingga memperkuat tulang--(Sumber Foto: Pixabay)

1. Melancarkan Pencernaan

Kacang hijau mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan pati yang ada di dalam kacang hijau juga turut serta dalam proses ini. 

BACA JUGA:Segar dan Bergizi! Intip Resep Smoothies Pepaya Jeruk Nipis, Cocok untuk Melancarkan Pencernaan

Hal ini dikarenakan sifat pati yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan resiko sembelit. 

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kacang hijau dipercaya dapat menurunkan tekanan darah karena kandungfan potasium, magnesium serta serat yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:5 Tips Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Mengutip dari laman hellosehat.com, ahli mengungkapkan bahwa protein yang terkandung dalam kacang hijau dapat menghambat kerja angiotensin converting enzyme yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol Gula Darah

Kandungan polifenol yang ada di dalam kaang hijau dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Hal ini karena polifenol merangsang hormon insulin untuk bekerja secara efektif mengubah glukosa menjadi energi dan menurunkan resistensi insulin. 

BACA JUGA:Turunkan Gula Darah dengan Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini, Insya Allah Jauh Dari Diabetes

Dengan begitu, kadar gula darah menjadi tetap terkontrol sehingga mengonsumsi kacang hijau dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. 

4. Mencegah Anemia

Kacang hijau kaya akan zat besi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain zat besi, kacang hijau juga kaya akan kalsium, natrium dan juga kalium.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Kaya Akan Zat Besi, Cegah Anemia dengan Langkah Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: