dempo

Kamu Harus Tahu! Ternyata Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menghambat Osteoporosis

Kamu Harus Tahu! Ternyata Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menghambat Osteoporosis

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan bayam merah untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Ini Sederet Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Untuk Mencegah Jerawat!

3. Mampu mencegah anemia

Tanaman jenis ini termasuk dalam sayuran penambah darah, khususnya ibu hamil dan ibu nifas yang diketahui lebih rentan kekurangan darah. Hal ini ditunjukkan melalui penelitian bahwa terdapat peningkatan jumlah hemoglobin yang tinggi dari hasil pemberian ekstrak bayam merah bagi ibu nifas dalam waktu 14 hari.

Dengan kandungan zat besi yang dimiliki bayam merah, hal tersebut memberikan peningkatan produksi sel darah merah, terlebih bisa menyehatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, bayam jenis ini juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa menyerap zat besi lebih optimal di dalam tubuh.

BACA JUGA:Rutin Minum Mulai Sekarang! Ini 9 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Kanker

4. Menjaga kesehatan mata

Selain dapat memperbaiki fungsi ginjal, tanaman bayam merah bisa meningkatkan penglihatan mata. Kaya akan vitamin A, sayuran i9ni baik untuk kesehatan mata, sehingga penglihatan semakin meningkat.

Tak hanya vitamin A, bayam ini juga kaya akan zeaxanthin dan lutein yakni senyawa karotenoid yang dapat membentuk pigmen warna pada sejumlah jenis sayuran, salah satunya bayam merah.

Penelitian dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science telah menyebutkan bahwa zeaxanthin dan lutein berperan sebagai pencegahan degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

BACA JUGA:Ibu Hamil Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Rumput Fatimah, Apa Saja?

5. Dapat perbaiki fungsi ginjal

Manfaat lain tanaman satu ini yakni dapat memperbaiki fungsi ginjal, dengan mengonsumsinya secara teratur khususnya dengan adanya kandungan serat tinggi.

Batang dari daun bayam merah ini juga bermanfaat bagi ginjal, sebab kandungan tinggi vitamin A, C, K hingga B9 (folat).

Selain itu, ada kandungan beta-karoten yakni berupa senyawa yang memberi warna merah keunguan pada sayur dan buah. Kandungan tersebut punya banyak fungsi bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta bisa menjaga kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: