dempo

Kamu Harus Tahu! Ternyata Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menghambat Osteoporosis

Kamu Harus Tahu! Ternyata Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menghambat Osteoporosis

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan bayam merah untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak manfaat dan kandungan pada bayam merah, yang diketahui sangat baik untuk kesehatan. Salah satu khasiat dari sayuran ini yakni dapat menghambat osteoporosis. 

Tanaman ini memiliki nama latin Blitum rubrum yang satu jenis dengan kelompok Amaranthus tricolor. Baik untuk kesehatan tubuh, warna merah pada sayuran ini diperoleh dari cairan merah yang ada di batangnya.

Tidak hanya bayam hijau saja, bayam merah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Ini 8 Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah, Cek Kandungannya di Sini!

Meskipun dikenal dengan bayam merah, bayam tersebut mempunyai daun dan batang berwarna merah keunguan. Khasiat bayam merah ternyata tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tubuh, namun juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan.

Tanaman ini kemudian dikenal sebagai sayuran tropis yang tumbuh sepanjang tahun dan bisa ditemukan pada ketinggian 5-200 mdpl. 

Kandungan pigmen merah pada bayam merah membuat tinggi kadar flavonoid dapat menangkal radikal bebas. Flavonoid termasuk bagian dari antioksidan yang berada di dalam makanan.

BACA JUGA:Tidak Hanya Menghangatkan, Ini 6 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Tanaman jenis ini dikenal juga dengan sebutan superfood sebab memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berbagai manfaat khususnya kesehatan. Diketahui bayam merah dan bayam hijau memilki rasa yang sama, hanya saja kandungan keduanya berbeda.

Kandungan zat warna pada bayam merah inilah yang menjadikan sumber antioksidan lebih unggul dibanding dengan bayam hijau. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram bayam merah memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kandungannya Ampuh Mencegah Penyakit Jantung hingga Kanker

Energi: 41 Kalori

Protein: 2,2 gr

Lemak: 0,8 gr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: