Mengenal Keistimewaan Baqi Al Gharqad di Madinah, Tempat Makam Keluarga dan Para Sahabat Nabi

Mengenal Keistimewaan Baqi Al Gharqad di Madinah, Tempat Makam Keluarga dan Para Sahabat Nabi

Ilustrasi. Mengenal keistimewaan Baqi Al Gharqad di Madinah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Baqi al-Gharqad adalah makam istimewa yang ada di Madinah dan juga termasuk pemakaman tertua dan terbesar di sana. Tempat ini menjadi lokasi para sahabat nabi dimakamkan.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah SWT agar Baqi Al Gharqad menjadi tempat perkuburan kaum muslimin. Beliau pun bersabda, "Aku diperintahkan memilih tempat ini, yaitu Baqi".

Sampai saat ini makam Baqi menjadi tempat yang kerap dikunjungi oleh para jama'ah pada musim haji. Sebuah pemakaman tanpa nisan tertua dari keluarga, sahabat Rasulullah.

BACA JUGA:Mengenal Makhluk Mitologi Al Jassasah, Hewan yang Jadi Pengawal Dajjal Jelang Hari Kiamat

Kata Baqi sendiri memiliki arti, secara bahasa adalah setiap tempat yang ada pokok pohon (sisa pohon sehabis ditebang) yang ditebang di berbagai bagian. Kemudian dinamakan Baqi Al-Gharqad (sejenis pohon besar berduri).

Hal ini dijelaskan juga dalam kitab Fushul min Tarikh al- Madinah al-Munawwarah oleh Ali Hafizh, bahwa Baqi' al-Gharqad bermakna tempat di mana ada pohon besar berduri yang sudah ditebang, hingga tempat tersebut dijadikan sebagai makam terbesar dan terluas di Arab Saudi.

BACA JUGA:Ini 7 Golongan yang Akan Menerima Naungan Allah di Hari Kiamat, Salah Satunya Pemimpin Adil

Dilansir berbagai sumber, bahkan tempat tersebut tidak pernah sepi dengan kunjungan para manusia, khususnya saat jelang musim haji. Diketahui bahwa Baqi mulanya tidak ada keistimewaan apapun, serupa dengan pemakaman pada umumnya.

Namun, yang membedakan diantara kuburan lainnya dikarenakan atas perintah langsung dari Allah SWT, dan hingga kini menjadi tempat makam kaum muslimim.

Letaknya berada di bagian timur Masjid Nabawi, dengan luas area 174.962 meter per segi. Kemudian, adanya pagar tinggi disekelilingnya tersebut, makam ini hanya memakai batu untuk tanda bahwa itu adalah tempat makam.

BACA JUGA:Mengenal Assabiqunal Awwalun, Apa Itu? 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Termasuk

Keluarga, sahabat dan para syuhada

Tercatat ada sekitar 10.000 sahabat dan para syuhada yang telah gugur saat Perang Badar dan Uhud dimakamkan di Makam Baqi ini, sementara yang lainnya tersebar di berbagai penjuru negeri.

Tak hanya itu, adapun keluarga Nabi Muhammad yang dimakamkan di Baqi, yakni:

  • Siti Aisyah
  • Fatimah az-Zahra
  • Ruqayyah
  • Zainab
  • Ummi Kultsum
  • Usman Bin Affan
  • Abbas bin Abd al-Muthalib
  • Para cucu Nabi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: