Mengenal Makhluk Mitologi Al Jassasah, Hewan yang Jadi Pengawal Dajjal Jelang Hari Kiamat

Mengenal Makhluk Mitologi Al Jassasah, Hewan yang Jadi Pengawal Dajjal Jelang Hari Kiamat

Ilustrasi. Mengenal makhluk mitologi Al Jassasah yang muncul jelang hari kiamat.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat makhluk mitologi yang disebut sebagai pengawal Dajjal. Hewan ini bernama Al Jassasah dan menjadi pertanda datangnya hari kiamat.

Dalam tafsir Al Qurthubi, Al Jassasah menurut bahasa memiliki makna mata-mata. Hal ini dikarenakan makhluk tersebut selalu mengamati sekitar kemudian mengabarkannya kepada Dajjal.

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 4 Golongan Manusia yang Memiliki Kedudukan Terburuk di Hari Kiamat, Siapa Saja?

Bisa jadi masih banyak yang belum mengetahui sosok makhluk mitologi ini yang akan muncul jelang hari kiamat. Tak hanya itu, sosoknya dikenal dengan sebagai hewan misterius pengawal Dajjal.

Kemunculannya menjadi tanda datangnya hari kiamat, sehingga perlu untuk mengenal sosoknya. Dari hal tersebut, dapat diketahui bahwa makhluk bernama Dajjal tidak hidup sendiri.

Dajjal bersama dengan Al Jassasah yang menjadi pengawal sekaligus penjaganya saat masih dikurung.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Datang, Ini 3 Golongan Manusia di Yaumul Hisab, Siapa Saja Mereka?

Menurut Imam Nawawi, nama Al Jassasa ini sesuai dengan tugasnya yakni sebagai mata-mata (tajassus) dan juga menyelidiki berbagai informasi yang disampaikan pada Dajjal.

Tidak hanya itu, namanya pun dipakai untuk menyebut seseorang yang senang mencari aib orang lain yakni Al Jassus. Kemudian, kedatangan Dajjal di muka bumi merupakan bencana besar bagi umat manusia pada hari kiamat.

BACA JUGA:Jelang Hari Kiamat Ada 7 Golongan Pengikut Dajjal, Salah Satunya Para Wanita Akhir Zaman

Dajjal membawa berbagai macam fitnah serta menargetkan manusia untuk benar-benar tersesat. Sebenarnya Dajjal telah ada, hanya saja sampai saat ini Allah masih belum mengizinkan Dajjal muncul di hadapan manusia.

Jika sudah waktunya, Dajjal pasti akan datang dengan membawa beragam macam fitnah akhir zaman. Terdapat kisah dari para sahabat nabi yang saat itu bertemu dengan pengawal Dajjal.

Diketahui dalam hadits mengenai kisah Tamim Ad-Dari, makhluk dabbah dengan ciri-ciri berambut tebal dan kaku. Lalu makhluk tersebut dapat berbicara, bahkan dekat dengan Dajjal.

BACA JUGA:Penting! Jelang Hari Kiamat Ada 2 Perang Besar Terjadi, Cek Urutan dan Tempat Lokasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: