Jelang Hari Kiamat Imam Mahdi Akan Muncul, Ini 15 Tanda Kedatangannya ke Bumi

Jelang Hari Kiamat Imam Mahdi Akan Muncul, Ini 15 Tanda Kedatangannya ke Bumi

Ilustrasi. Tanda kemunculannya Imam Mahdi jelang hari kiamat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Hari kiamat merupakan salah satu rukun iman dalam Islam dan harus dipercayai. Jelang peristiwa itu terjadi terdapat tanda akhir zaman yakni munculnya Imam Mahdi.

Atas izin Allah SWT, Imam Mahdi akan datang dengan sebuah misi. Terdapat tanda-tanda kemunculannya saat jelang hari kiamat tiba. Hal ini telah diterangkan dalam Al Quran dan hadits-hadits shahih.

Misinya di dunia adalah untuk pembaruan agama Islam dan menjadi pemimpin untuk umat manusia. Sebab jelang akhir zaman nanti akan terjadi huru hara yang merajalela. Dalam Islam, hari kiamat tidak sepenuhnya langsung terjadi, namun melalui beberapa tanda dan petunjuk.

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri dan Peran Imam Mahdi Jelang Hari Kiamat, Pemimpin Adil Pembawa Kemakmuran

Kemudian sebutan Imam Mahdi sendiri bukanlah nama melainkan gelar, yang mana 'Imam' bermakna pemimpin dan 'mahdi' artinya orang yang mendapat petunjuk. Imam Mahdi merupakan pemimpin umat Islam di akhir zaman serta seorang yang baik agamanya.

Ibn Khaldun pernah berpendapat seperti dikutip dari buku Ensiklopedia Kiamat karangan Dr. Umar Sulaiman al Asygar,

"Ketahuilah bahwa yang mahsyur di kalangan umat Islam sepanjang masa adalah bahwa pasti di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari kalangan bait untuk memperkuat agama, menegakkan keadilan, diikuti kaum muslim, dan menguasai kerajaan-kerajaan Islam. Ia bernama Al Mahdi."

Dilansir dari laman fai.uma.ac.id, berdasarkan dalil-dalil agama, berikut ini beberapa tanda kedatangan Imam Mahdi, yakni:

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini Asal Usul Dajjal, Sosok Pembawa Petaka Jelang Hari Kiamat

1. Muncul di akhir zaman ketika kerusakan bumi terjadi

Nantinya Imam Mahdi akan muncul di ujung dunia, sebagaimana hari kiamat merupakan rahasia Allah Ta'ala. Tidak ada satu pun yang tahu kapan penghakiman datang, namun suatu dalil menyatakan berakhirnya dunia tersebut akan mendekati bumi yang rusak.

Dapat diartikan bencana alam konstan misalnya tanah longsor, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan lain-lain. Bahkan, akan ada orang yang bertengkar dan berperang tanpa henti. Saat inilah Imam Mahdi akan muncul.

"Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman." (HR. Ahmad)

BACA JUGA:4 Mahkluk Ini Akan Muncul Jelang Hari Kiamat, Bukan Hanya Dajjal! Siapa Mereka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: