Jelang Hari Kiamat Imam Mahdi Akan Muncul, Ini 15 Tanda Kedatangannya ke Bumi

Jelang Hari Kiamat Imam Mahdi Akan Muncul, Ini 15 Tanda Kedatangannya ke Bumi

Ilustrasi. Tanda kemunculannya Imam Mahdi jelang hari kiamat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Imam Mahdi memiliki nama seperti Rasulullah

Dijelaskan dalam hadits shahih bahwa ada salah satu ciri Imam Mahdi yakni beliau punya nama sama dengan nama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

"Andaikan dunia tinggal sehari sungguh Allah akan panjangkan hari tersebut sehingga diutus padanya seorang lelaki dari ahli baitku namanya serupa namaku dan nama ayahnya serupa nama ayahku (Muhammad bin Abdullah). Ia akan penuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan penganiayaan." (HR. Abu Dawud).

3. Imam Mahdi muncul di Madinah setelah kematian seorang pemimpin

Disampaikan dalam riwayat bahwa Imam Mahdi nantinya akan muncul di Madinah setelah terjadinya perselisihan akibat kematian seorang pemimpin.

Dari Ummu Salamah R.A menceritakan: "Akan terjadi suatu perselisihan ketika wafatnya seorang khalifah. Kemudian, seseorang dari penduduk Madinah akan melarikan diri ke Mekkah. Orang-orang Makkah pun mendatanginya dan membawanya keluar, sedangkan ia tidak menyukainya, lalu membaiatnya di antara rukn dan maqam".

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 8 Hikmah Beriman pada Hari Kiamat Lengkap dengan Namanya

4. Imam Mahdi muncul membawa harta kekayaan berlimpah

Dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim dan Ahmad bahwa:

"Pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku, yang akan melimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya. Dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya."

5. Kondisi umat islam terasing

Di akhir zaman nanti, umat Islam akan terasing kembali, serupa saat pertama kali muncul. Di saat Islam mulai memudar kemudian Imam Mahdi akan datang menyelamatkan umat manusi menuju jalan sebuah kebenaran.

6. Kemunculan bintang berekor

Salah satu tanda lainnya adalah munculnya bintang berekor, dengan diikuti tanda lainnya bisa jadi Imam Mahdi akan datang. Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Abdullah bin Abu Malikah, ia berkata:

"Pada suatu pagi saya pergi kepada Ibnu Abbas. Maka ia berkata: "Malam tadi aku tidak dapat tidur sampai pagi." aku bertanya: "Apa sebabnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: