Tidak Ada Kata Terlambat, Yuk Terapkan 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini untuk Tubuh Bugar di Usia Senja

Tidak Ada Kata Terlambat, Yuk Terapkan 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini untuk Tubuh Bugar di Usia Senja

Tidak ada kata terlambat, yuk terapkan 5 tips hidup sehat untuk lansia ini untuk tubuh bugar di usia senja--(Sumber Foto : iStockPhoto)

Selain mengonsumsi makanan bergizi, lansia juga perlu tetap bergerak aktif untuk menjaga kesehatan sekaligus menambah usia harapan hidup mereka. 

Banyak lansia yang seringkali memutuskan untuk beristirahat sehingga bergerak lebih pasif. Padahal lansia juga perlu berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit serius termasuk disabilitas yang mungkin akan muncul. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ada 5 Cara Mengatur Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang untuk Lansia, Auto Kesehatan Terjamin

Meski demikian, tidak lantas lansia haru bergerak seperti anak muda pada umumnya. Mereka juga tetap harus menyesuaikan jenis serta intensitas olahraga dengan kondisi tubuh 

Mereka dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, berenang hingga bersepeda untuk menjaga kesehatan organ jantung dan paru-paru. Selain itu mereka juga dapat melakukan yoga dan peregangan untuk membantu tubuh lebih fleksibel. 

Lansia perlu berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehati sebanyak lima dari dalam satu minggu. Jika terlalu berat, kamu dapat membaginya ke dalam dua atau tiga waktu yang berbeda dalam sehari. 

BACA JUGA:Kabar Baik, Ada 5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat ala Lansia, Dijamin Terhindar dari Penyakit Mematikan!

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal tidak hanya diperuntukan bagi anak muda karena obesitas atau berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan serius. 

Mereka yang memiliki berat badan berlebih beresiko terkena berbagai penyakit seperti dibetes tipe-2, hipertensi, penyakit jantung, stroke, kanker hingga gangguan tidur dan osteoarthritis. 

Lansia perlu berat badan ideal yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk sebab lansia dengan berat badan yang kurang memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Auto Makin Sehat, Ini 5 Olahraga yang Cocok untuk Lansia, Cukup Lakukan di Rumah Aja, Dijamin Aman!

Tubuh yang terlalu kurus justru dapat menjadi gejala dari suau penyakit serius atau tanda jika tubuh semakin melemah sehingga lansia perlu menjaga berat badan agar tetap normal. 

4. Cukup Istirahat

Mereka yang telah lanjut usia biasanya mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hingga mengantuk di siang hari namun akan terjaga di siang hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: