Bukan Hanya Tempe! Inilah 5 Jenis Olahan Kacang Kedelai Lain yang Bisa Kamu Pilih Saat Bosan

Bukan Hanya Tempe! Inilah 5 Jenis Olahan Kacang Kedelai Lain yang Bisa Kamu Pilih Saat Bosan

Bukan hanya tempe! Inilah 5 jenis olahan kacang kedelai lain yang bisa kamu pilih saat bosan--(Sumber Foto : iStockPhoto)

BETVNEWS - Kacang kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang terkenal sebagai bahan dasar masakan yang sangat digemari di Indonesia, yaitu tempe

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tahu! Berikut Manfaat Kacang Kedelai untuk Kandungan, Baik Dikonsumsi Sejak Pra Kehamilan

Padahal selain tempe, kacang kedelai juga dapat diolah menjadi jenis makanan lain yang sama menyehatkannya seperti tempe.

Kacang kedelai ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya rasanya yang enak, kacang kedelai ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral termasuk protein, kalori, karbohidrat hingga serat yang baik untuk tubuh. 

BACA JUGA:Kuatkan Akar Rambut hingga Perbaiki Kualitas Tidur, Cek Manfaat Lain Kacang Kedelai untuk Kesehatan!

Namun jika kamu bosan dengan olahan kacang kedelai mainstream seperti tahu atau tempe, berikut telah BETV rangkum jenis olahan kacang kedelai lain yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Jenis Olahan Kacang Kedelai

1. Kecap

Kecap merupakan salah satu olahan kacang kedelai yang terkenal di Indonesia dan sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Ragam Manfaat Kacang Hijau, Bisa Kontrol Gula Darah Hingga Memperkuat Tulang

Kecap biasanya terbuat dari kedelai kuning atau kedelai hitam yang telah direbus dan ditiriskan dan diberi ragi lalu didiamkan selama beberapa hari. 

Air yang diperoleh dari campuran ragi dan kacang kedeai tersebut kemudian di fermentasi kembali selama beberapa bulan dengan berbagai bumbu tambahan sebelum kita kenal sebagai kecap. 

BACA JUGA:Nikmati Resep Akhir Bulan dengan Sajian Satu Ini, Tahu Dipadukan Kecap, Masakan Sederhana dan Ramah Dikantong!

2. Tauco

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: