7 Maret Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Alexander Graham Bell

7 Maret Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Alexander Graham Bell

Tahun ini, 7 Maret 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini memperingati Hari Alexander Graham Bell.--(Sumber Foto: Irina/Pexels)

Bell berupaya melakukan perbaikan pada sistem telegraf, saat itu juga dia mendapat ide untuk mencoba mengirimkan ucapan secara telegrafis sehingga tercipta teknologi bernama telepon. 

Selain telepon, Bell juga berjasa menemukan detektor logam dan pada tahun 1919 mengembangkan Hydrodome, sebuah perahu yang mencetak rekor kecepatan laut dunia.

BACA JUGA:28 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Gizi Nasional Indonesia

2. Hari Pola Makan Nabati

Hari Pola Makan Nabati atau Plant Power Day diperingati setiap tanggal 7 Maret.

Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat pola makan berkelanjutan dan mendorong semua orang untuk menerapkan pola makan nabati. 

Pola makan nabati memiliki arti yang berbeda-beda tergantung individunya. 

Sejarah pola makan nabati terkait dengan veganisme, yang berasal dari vegetarianisme. Bukti paling awal dari vegetarianisme muncul pada tahun 3300 hingga 1300 SM di Peradaban Lembah Indus kuno di bagian utara dan barat. 

BACA JUGA:23 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Memerangi Bullying Internasional

Gaya hidup tersebut dilakukan oleh para kaisar dan filsuf India, termasuk Chandragupta Maurya, Ashoka, Mahavira, dan Acharya Kundakunda. Vegetarianisme juga dipraktikkan di Yunani dan Roma kuno oleh tokoh-tokoh terkemuka seperti Seneca Muda, Ovid, Plutarch, dan Empedocles.

Pada tahun 1980, T. Colin Campbell menciptakan istilah 'pola makan nabati'. Istilah ini mengacu pada pola makan yang rendah lemak, tinggi serat, dan terutama terdiri dari sayuran, dengan fokus pada kesehatan dan bukan etika.

Istilah ini telah digunakan dalam berbagai karya yang berarti 'veganisme', 'vegetarianisme', dan 'semi-vegetarianisme'. 

BACA JUGA:22 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pramuka Sedunia

Pada tahun 2018, perusahaan Eropa Alpro, dan situs resep vegan, BOSH!, mengadakan Plant Power Day untuk mendorong masyarakat agar lebih banyak mengonsumsi pola makan nabati dan makanan nabati.

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 7 Maret. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: