Membantu Mencukupi Kebutuhan Cairan, Ini 9 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Cocok Sebagai Takjil Buka Puasa

Membantu Mencukupi Kebutuhan Cairan, Ini 9 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Cocok Sebagai Takjil Buka Puasa

Ilustrasi. Kandungan dan manfaat kurma untuk kesehatan.--Sumber foto: (Wab/Alodokter.com)

Tidak hanya itu, kandungan serat yang dimiliki kurma juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah sehingga kesehatabn jantung lebih terjaga.

BACA JUGA:Jelang Puasa Ramadan, 3 Resep Capcay Simple Ala Rumahan Ini Wajib Dicoba, Auto Menggugah Selera

6. Menangkal radikal bebas

Manfaat kurma untuk kesheatan berikutnya adalah membantu menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, kurma sangat baik di konsumsi sebagai takjil buka puasa.

Diketahui, ketika puasa tubuh kekurnagan asupan energi dan vitamin sehingga akan lebih mudah terseng radikal bebas. Mengkonsumsi kurma dapat menangkal radikal bebas yang ingin menyerang tubuh.

7. Menjaga kesehatan otak

Manfaat kurma untuk kesehatan lainnya adalah membantu menjaga kesehatan otak. Kemampuan ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang mengahsilkan kesimpulan bahwa buah ini berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah kurma dapat menurunkan resiko Alzheimer. Namun, mengkonsumsi kurma berlebihan juga tuidak terlalu baik.

BACA JUGA:Auto Fit Lagi, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadan, Yuk Siapkan dari Sekarang

8. Membantu mencukupi kebutuhan cairan

Manfaat kurma untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mencukupi kebutuhan cairan. Kemampuan ini diperoleh dari kandungan serat yang dimilikinya.

Inilah alasan mengapa kurma sangat baik dikonsumsi sebagai takjil buka puasa ataupun makanan saat sahur.

9. Melancarkan persalinan

Manfaat kurma untuk kesheatan yang terakhir adalah membantu melancarkan persalinan. Hal tersebut karena terdapat zat-zat tertentu yang bisa memicu produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas rahim.

Hal tersebut sejalan dengan penelitian yang tertuang di dalam Journal of Obstetrics and Gynecology yang mengatakan bahwa benar mengkonsumsi kurma saat hamil akan melancarkan persalinan. Itulah kandungan dan manfaat kurma untuk kesehatan, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: