Wajib Ada Saat Berbuka Puasa dan Sahur, Ini 5 Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW!

Wajib Ada Saat Berbuka Puasa dan Sahur, Ini 5 Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW!

Ilustrasi. Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW ini cocok untuk buka puasa dan sahur.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

3. Madu

Selain kurma, ada madu yang juga menjadi salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Menu ini dapat disajikan saat berbuka maupun sahur.

Kamu juga dapat menjadikan madu sebagai toping pada makanan tertentu, misalnya roti dan disajikan sebagai slai. Dalam riwayat hadits Bukhari dijelaskan bahwa,

“Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran). Maka aku sarankan bagimu kedua penyembuh tersebut, Al-Qur’an dan madu.”

BACA JUGA:Hendak Berbuka Puasa, Baca Doa Ini! Insya Allah Berkah Ramadan Mendatangi

Diketahui madu sangat bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan sifat antibakteri dan antijamur. Berkat hal tersebut kemudian bermanfaat sebagai pengobat luka.

4. Zaitun

Selanjutnya ada zaitun yang juga menjadi rekomendasi. Buah ini dikenal dengan khasiatnya yang baik dalam kesehatan. Dalam hadits riwayat Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi disebutkan bahwa,

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi."

BACA JUGA:Segar dan Mudah Dibuat, 4 Resep Minuman Ini Cocok untuk Temani Kamu Berbuka Puasa Hari Ini

5. Semangka

Semangka menjadi salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW. Buah ini cocok disajikan saat buka puasa maupun sahur, terlebih sangat bermanfaat dalam kesehatan.

Diriwayatkan para sahabat, Nabi Muhammad pernah berkata "Tak satupun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat."

Bahkan, dari riwayat Aisyah menerangkan bahwa buah semangka menjadi buah lezat dan sangat baik dikonsumsi bagi tubuh.

BACA JUGA:Ide Resep Buka Puasa Hari Ini : Ayam Lada Hitam, Sayur Sop dan Ati Ampela Rica-rica

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: