Para Orang Tua Perlu Tahu! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Ditiru Anak, Hati-hati

Para Orang Tua Perlu Tahu! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Ditiru Anak, Hati-hati

Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang dapat ditiru anak kecil.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Hati-hati dengan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat anak membuat suatu hal yang tidak berkenan. Tentunya sebagai orang tua, tidak memperlihatkan kebiasaan buruk pada anak yang masih kecil.

Pasalnya hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, bahkan perilaku yang sudah ditanamkan semenjak kecil bisa ditiru anak. Baik ataupun buruk kebiasaan itu, anak dapat menirunya.

Meski terlihat sepele, bisa saja anak yang belum sepenuhnya memahami tersebut menganggap baik perilaku yang dilakukan orang tua. Sebagaimana orang tua menjadi teladan bagi anak, sehingga anak bisa melakukan hal yang sama.

BACA JUGA:Anak Alami Sakit Perut? Cek 6 Obat Ini, Aman dan Baik bagi Kesehatan

Untuk itu, orang tua perlu memperhatikan kebiasaan buruk yang bisa ditiru anak kecil. Jika ada, segeralah untuk mengubah kebiasaan tersebut agar anak tetap berperilaku baik hingga beranjak dewasa.

Kebiasaan baik maupun buruk dari orang tua yang ditiru si anak adalah salah satu tahap perkembangan yang penting. Tahap meniru tersebut biasanya akan muncul saat anak mulai berusia 1 tahun. 

Anak meniru apa saja yang dilakukan orang tua, mulai dari penggunaan bahasa hingga perilaku sosial.

BACA JUGA:Perlu Dicoba! 5 Jenis Game yang Dapat Mengasah Otak Anak, Orang Tua Harus Tahu Ini

Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa kebiasaan buruk orang tua yang bisa ditiru anak.

1. Kebiasaan konsumsi makanan kurang sehat

Bila orang tua sering konsumsi makanan yang tidak sehat, misalnya manis atau juga berlemak, bisa saja anak akan menyukai makanan tersebut. 

Padahal, kebiasaan konsumsi makanan kurang sehat itu bisa meningkatkan risiko keluarga akan mengalami berbagai jenis penyakit, seperti diabetes dan kolesterol tinggi. Sehingga perlu orang tua untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bila ditiru anak akan baik-baik saja.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu, 7 Makanan dan Minuman Ini Dapat Memicu Kanker Pada Anak, Sebaiknya Hindari Sejak Dini

2. Kebiasaan berbohong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: