Bukan Hanya Berdampak Pada Kulit, Ini yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kolagen

Bukan Hanya Berdampak Pada Kulit, Ini yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kolagen

Bukan hanya berdampak pada kulit, ini yang akan terjadi jika tubuh kekurangan kolagen, salah satunya rambut rontok--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Bahaya kekurangan kolagen dalam tubuh tidak hanya berdampak pada kulit saja, melainkan juga dapat memiliki dampak ke kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Sebagai sebuah jenis protein penting yang diperlukan oleh tubuh dan merupakan komponen utama dari jaringan ikat, termasuk kulit, tulang, tendon, ligamen dan juga kartilago, kolagen memiliki peranan penting untuk memberikan kekuatan struktural dan elastisitas pada jaringan tersebut. 

Kolagen sendiri merupakan protein alami di dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen serta memiliki beragam manfaat untuk tubuh. 

BACA JUGA:Inilah 10 Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi dan Baik untuk Tubuhmu, Cek Apa Saja

Secara kimia, kolagen terdiri dari rantai panjang asam amino yang disusun dalam tiga heliks berbelit-belit yang dikenal dengan nama heliks alfa. 

Banyak yang mengenal kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, meski sebenarnya manfaat salah satu jenis protein yang satu ini lebih dari itu. Bahkan kolagen ini dapat menyumbang sekitar 30% dari total protein di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu, Inilah 5 Manfaat Kolagen untuk Tubuh, Salah Satunya dapat Mengencangkan Kulit

Kolagen merupakan molekul protein berserat keras dan tidak larut sehingga berfungsi untuk menyatukan jaringan tubuh. Seiring bertambanya usia, kadar kolagen di dalam tubuh dapat berkurang sehingga banyak orang mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. 

Saat jumlah kolagen di dalam tubuh berkurang akibat faktor usia atau faktor lainnya, maka akan ada efek samping yang muncul seperti kulit menjadi kendur, keriput dan juga kehilangan elastisitasnya. 

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Kolagen hingga Atasi Lingkaran Hitam Mata, Cek Manfaat Lainnya dari Buah Kiwi untuk Kulit

Kekurangan kolagen ini juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh, di antaranya dapat kamu simak di dalam aritkel ini. 

Bahaya Kekurangan Kolagen dalam Tubuh

1. Dapat Menyebabkan Kerusakan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: